Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bolehkah Dana BOS untuk Guru Honorer yang Gajinya Sudah Setara UMR?

Selasa, 11 Februari 2020 – 08:31 WIB
Bolehkah Dana BOS untuk Guru Honorer yang Gajinya Sudah Setara UMR? - JPNN.COM
Nur Baitih mengatakan gaji guru honorer K2 di Pemprov DKI Jakarta sudah setara UMR. Foto: Fathra N Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kebijakan pemerintah memberikan kewenangan kepada kepala sekolah mengalokasikan maksimum 50 persen dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) untuk gaji guru honorer, disambut positif.

Namun, di kalangan guru honorer bertanya-tanya, apakah tenaga pendidik yang sudah mendapat gaji setara UMR bisa ikut menikmati aturan baru tersebut.

"Kami lihat bagus ya kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim ini. Cuma yang jadi pertanyaan bagaimana alokasi anggaran untuk guru yang sudah setara UMR. Apa boleh digaji lagi dari dana BOS?" kata Koordinator Wilayah Perkumpulan Hononer K2 Indonesia (PHK2I) DKI Jakarta Nur Baitih kepada JPNN.com, Selasa (11/2).

Dia mencontohkan di DKI gaji guru honorer sudah setara UMP. Ada aturan dari Dinas Pendidikan, yang sudah UMP tidak bisa digaji dari dana BOS.

Menurut Nur, harus ada sosialisasi persamaan persepsi ke Dinas Pendidikan supaya para kepala sekolah bisa melaksanakan.

"Kalau dulu saat dana BOS masih masuk ke Dinas Pendidikan diatur tidak boleh. Sekarang kan langsung sekolah, bisa saja aturan Dinas Pendidikan itu dilanggar," ucapnya.

Bila terjadi seperti itu, lanjut Nur, bagaimana laporan pertanggungjawabannya. Itu sebabnya aturan mainnya harus jelas soal syarat maksimum alokasi 50 persen dana BOS untuk gaji guru honorer dan tenaga kependidikan. Apakah khusus untuk guru honorer dan tenaga kependidikan yang gajinya belum setara UMR atau tidak.

Nur yang guru honorer K2 di SD negeri kawasan Cipinang Melayu ini menambahkan, kenaikan anggaran untuk guru honorer sudah baik karena sambil menunggu regulasi pemerintah atas status mereka.

Para guru honorer di DKI Jakarta selama ini sudah digaji setara UMR, bolehkah mendapat tambahan lagi dari dana BOS?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close