Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bonnie Triyana Ungkap 10 Warisan Kolonialisme yang Masih Tersisa hingga Kini

Sabtu, 17 Juni 2023 – 18:29 WIB
Bonnie Triyana Ungkap 10 Warisan Kolonialisme yang Masih Tersisa hingga Kini - JPNN.COM
Sejarawan Bonnie Triyana mengungkapkan perilaku kolonialitas yang melekat di tengah kehidupan masyarakat hingga saat ini. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Sejarawan Bonnie Triyana mengungkapkan perilaku kolonialitas yang melekat di tengah kehidupan masyarakat hingga saat ini.

Hal itu diungkapkan pria asal Lebak itu dalam pidato kebudayaan yang disampaikan di hadapan ratusan warga yang hadir dan berkumpul di Pendopo Museum Multatuli (16/6) tadi malam.

"Kolonialitas sebagai sebuah konsep untuk menggambarkan dampak sosial, budaya, dan epistemik dari kolonialisme masih bisa kita kenali hingga hari ini, mengacu pada cara-cara warisan kolonial yang berdampak pada sistem budaya dan sosial serta pengetahuan dan produksinya," kata Bonnie Triyana, Jumat (16/6).

Bonnie mencatat paling tidak ada 10 hal dalam kehidupan sehari-hari yang masih terwarisi dampak kolonialisme di berbagai bidang.

Di sektor pendidikan, misalnya. Pemerintah kolonial menyediakan pendidikan tidak untuk semua golongan, melainkan hanya kepada kaum bangsawan yang semenjak kedatangan kolonialisme ke Indonesia, menjadi rekan sejawat dalam memerintah negeri ini.

"Hanya golongan elit yang mampu mengakses pendidikan bermutu tinggi tersebut hari ini, sebagaimana golongan bangsawan di masa lalu," jelasnya.

Bidang lain, kata Bonnie masih terwarisi kolonialisme adalah berlangsungnya feodalisme sebagai hal paling erat di sistem politik Indonesia.

Sejak terbentuknya VOC pada 1602 mulai berlaku sebutan bupati yang diartikan sebagai sebutan para anggota kelompok elit yang berdinas.

Sejarawan Bonnie Triyana mengungkapkan perilaku kolonialitas yang melekat di tengah kehidupan masyarakat hingga saat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close