Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Boxing Day

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Minggu, 26 Desember 2021 – 09:45 WIB
Boxing Day - JPNN.COM
Timnas Indonesia. Foto: diambil dari pssiorg

jpnn.com - Sebuah drama di Hari Natal itu bernama ‘’Indonesia vs Singapura’’.

Pertandingan semifinal sepak bola Piala AFF antarnegara di Asia Tenggara, tepat di hari Natal 25 Desember 2021, menyajikan drama 120 menit, yang disaksikan ratusan juta pasang mata dengan dada berdebar-debar.

Sepak bola Eropa mengenal tradisi ‘’Boxing Day’’, yaitu pertandingan sepak bola yang digelar pada Hari Natal 25 Desember sambil membuka kado natal yang dikirim sanak dan saudara. Disebut ‘’boxing’’ bukan karena adu tinju. Tetapi ‘’box’’ artinya kotak hadiah.

Sepak bola Indonesia juga punya tradisi ‘’boxing’’ yang tidak kalah seru, yaitu perpaduan sepak bola dan tinju. Antarpemain saling adu tinju, penonton dan pemain adu tinju di lapangan, dan wasit pun menjadi sasaran tinju pemain dan penonton.

Boxing Day di Eropa menyajikan pertandingan-pertandingan yang menegangkan karena biasanya menjadi penentu siapa yang menjadi juara pada musim itu. Tim yang sukses memenangi rentetan pertandingan boxing day bisanya akan menjadi favorit juara.

Suporter Timnas Indonesia malam tadi (25/12) merasakan sensasi ketegangan boxing day itu.

Pertandingan semifinal di National Stadium, Singpura, berlangsung super-menegangkan karena harus dilanjutkan ke babak tambahan 2x15 menit karena keadaan masih deadlock 1-1 saat pertandingan 90 menit berakhir.

Di ujung drama, Indonesia menang dramatis 4-2 dengan total agregat 5-3. Pada leg pertama pertandingan semifinal (22/12) Singapura berbagi angka 1-1 dengan Indonesia.

Andai kalah dari tim yang menyisakan 8 pemain terjadi, Indonesia akan menanggung trauma nasional seumur hidup.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close