Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BPBD Evakuasi 4 Pendaki Gunung Buthak yang Alami Hipotermia

Kamis, 23 Mei 2024 – 14:15 WIB
BPBD Evakuasi 4 Pendaki Gunung Buthak yang Alami Hipotermia - JPNN.COM
Petugas memeriksa kondisi kesehatan para pendaki di Pos Loket Pendakian Gunung Panderman Buthak setelah dievakasi, di Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (23/5/2024). (ANTARA/HO-BPBD Kota Batu)  

jpnn.com, BATU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu mengevakuasi empat pendaki yang mengalami hipotermia di Gunung Buthak yang masuk dalam wilayah Kota Batu, Jawa Timur.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu Agung Sedayu mengatakan empat pendaki mengalami hipotermia tersebut telah dievakuasi oleh petugas gabungan kurang lebih pada pukul 09.00 WIB.

"Tim melakukan evakuasi terhadap empat orang pendaki yang mengalami hipotermia di Gunung Buthak," kata Agung.

Agung menjelaskan empat pendaki yang mengalami hipotermia tersebut adalah Agus Firdaus (17), Fattah Mahendra (17), Farel Bagus Firmansyah (16) dan Gabriel Yustinus A Paulo (16).

Keempa pendaki tersebut merupakan warga Kabupaten Sidoarjo.

Menurutnya, proses evakuasi dilakukan BPBD Kota Batu bersama Petugas Pos Pendakian Gunung Panderman, Perhutani RPH Oro-Oro Ombo, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Tani Desa Pesanggrahan, PSC Kota Batu dan masyarakat setempat.

"Survivor berhasil dievakuasi pada Petak 87 dan mendapatkan pemeriksaan kesehatan oleh PSC Kota Batu di Pos Loket Pendakian Gunung Panderman Buthak," katanya.

Para pendaki tersebut berangkat dari Pos Pendakian Gunung Panderman menuju Gunung Buthak pada Kamis (23/5) kurang lebih pada pukul 01.30 WIB. Pada saat melakukan pendakian, para pendaki tersebut tersesat.

Empat orang pendaki Gunung Buthak mengalami hipotermia dan dievakuasi oleh petugas BPBD.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close