Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Merdeka! Putri Handayani Jadi Orang Indonesia Pertama yang Mencapai Kutub Selatan

Kamis, 18 Januari 2024 – 10:22 WIB
Merdeka! Putri Handayani Jadi Orang Indonesia Pertama yang Mencapai Kutub Selatan - JPNN.COM
Putri Handayani menjadi orang Indonesia pertama yang mencapai Kutub Selatan. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Bendera Merah Putih akhirnya berkibar di Kutub Selatan.

Pendaki gunung asal Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Putri Handayani berhasil mencapai titik paling selatan bumi di 90°S pada Kamis, 28 Desember 2023, pukul 13.00 waktu Punta Arenas, Chili.

Setelah delapan hari (21-28 Desember) berjalan dengan menggunakan ski sambil menarik 30 kg sled dari latitude (Garis Lintang) 89°S ke 90°S hingga menembus cuaca ekstrem dan salju, Putri akhirnya berhasil mengibarkan Merah Putih untuk bersanding dengan bendera negara-negara lain yang pernah mencapai titik Kutub Selatan tersebut.

“Sungguh bersyukur bisa sampai ke titik ini. Apalagi setelah mengalami sendiri angin dingin yang ekstrem, berjalan tertatih-tatih dengan ski dan akhirnya sampai ke Ceremonial South Pole. Lelah, terharu, dan bangga, semua perasaan itu campur aduk, apalagi kalau ingat belum pernah ada orang Indonesia yang sampai sini," kata Putri.

Pencapaian ini sekaligus menjadikan Putri sebagai orang Indonesia pertama yang mencapai Kutub Selatan dengan berjalan menggunakan ski.

Sebelum mencapai titik 90°S (Geographic South Pole), Putri juga sempat melakukan selebrasi dan mengucap syukur di titik Ceremonial South Pole yang biasa dimanfaatkan para penjelajah untuk melakukan selebrasi di antara bendera-bendera 12 negara penandatangan asal Perjanjian Antartika. Jarak antara kedua titik itu hanya terpaut 200 m.

Ekspedisi yang bertajuk lengkap Road to The Explorer’s Grand Slam “Antarctic 8 Expedition” ini bukan tanpa hambatan.

Menurut rencana awal, ekspedisi ini terdiri atas dua tahap. Tahap pertama ialah pendakian ke puncak tertinggi di Benua Antartika, yaitu Gunung Vinson (4.892 mdpl), dan tahap ke dua adalah penjelahan ke Kutub Selatan menuju titik 90°S.

Pendaki gunung asal Serdang Bedagai, Sumut, Putri Handayani menjadi orang Indonesia pertama yang mencapai Kutub Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close