Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BPOM Perbarui Daftar Obat Sirop Mengandung EG dan DEG, Ada 3, Ini Daftarnya

Minggu, 23 Oktober 2022 – 20:07 WIB
BPOM Perbarui Daftar Obat Sirop Mengandung EG dan DEG, Ada 3, Ini Daftarnya - JPNN.COM
Karyawan mengumpulkan sejumlah obat sirop yang mengandung parasetamol pada salah satu minimarket di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (19/10/2022). ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/YU

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi memperbarui daftar obat sirop yang mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) melebihi ambang batas normal.

Berdasarkan standar baku nasional, ambang batas aman yang ditoleransi terkait cemaran baik EG maupun DEG ialah 0,5 mg/kg berat badan per hari.

Kepala BPOM RI Penny K Lukito mengatakan terdapat tiga produk yang telah diuji dan dinyatakan tercemar EG dan DEG melebihi ambang batas aman.

"Ketiga produk tersebut memiliki kandungan di luar ambang batas tersebut sehingga berisiko pada gangguan kesehatan," ujar Penny pada konferensi pers, Minggu (23/10).

Daftar Produk yang Dinyatakan Mengandung Cemaran EG/DEG melebihi ambang batas aman dan telah diumumkan pada 20 Oktober 2022:

1. Unibebi Cough Syrup (Universal Pharmaceutical Industries).

2. Unibebi Demam Drop (Universal Pharmaceutical Industries).

3. Unibebi Demam Syrup (Universal Pharmaceutical Industries).

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi memperbarui daftar obat Sirop yang mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) melebihi ambang batas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close