Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BPS : Premium Naik Rp500 Opsi Terbaik

Rabu, 09 Maret 2011 – 14:14 WIB
BPS : Premium Naik Rp500 Opsi Terbaik - JPNN.COM
JAKARTA—Dari tiga opsi yang diajukan pemerintah kepada DPR RI, Badan Pusat Statistik (BPS) menilai opsi menaikkan BBM sebesar Rp500 sebagai opsi yang paling ideal. Kenaikan BBM diyakini bisa mengurangi kesenjangan antara harga premium (BBM subsidi) dengan Pertamax (BBM non subsidi).

‘’Menurut saya, opsi yang paling ideal memang menaikkan premium Rp500. Ini tidak berdampak langsung pada inflasi. Selama ini, dampak langsung konsumsi BBM terhadap inflasi hanya 0,3 persen,’’ kata Kepala BPS, Rusman Heriawan pada wartawan di kantor Menko perekonomian, Jakarta, Rabu (9/3).

Kenaikan Rp500 pada premium, diyakini tidak akan berdampak besar. Apalagi kata Rusman, ditambah dengan kebijakan angkutan umum tidak dikenakan kenaikan dengan sistem pengembalian uang (cash back). ‘’Pengaruh langsung terhadap inflasi tidak besar, hanya saja implementasi di lapangan akan sangat sulit untuk sistem cash back ini,’’ kata Rusman.

Ditanya kapan waktu yang tepat untuk menaikkan harga premium, Rusman mengisyaratkan, seharusnya premium dinaikkan pada bulan-bulan dimana tekanan inflasi tidak terlalu besar. Misalnya Maret dan April 2011. ‘’Karena pada Maret dan April itu inflasi cukup nyaman. Kalaupun terjadi inflasi, biasanya sangat rendah,’’ kata Rusman.

JAKARTA—Dari tiga opsi yang diajukan pemerintah kepada DPR RI, Badan Pusat Statistik (BPS) menilai opsi menaikkan BBM sebesar Rp500 sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close