Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Brando Susanto: Wacana Konversi Kompor Gas ke Listrik Akan Bebani Masyarakat

Jumat, 23 September 2022 – 09:19 WIB
Brando Susanto: Wacana Konversi Kompor Gas ke Listrik Akan Bebani Masyarakat - JPNN.COM
Pelaku usaha distribusi elpiji Pertamina Brando Susanto yang juga Ketua DPD Taruna Merah Putih DKI Jakarta menanggapi wacana pemerintah melakukan pembagian kompor listrik kepada warga. Ilustrasi. Foto: TMP DKI Jakarta

jpnn.com, JAKARTA - Pelaku usaha distribusi elpiji Pertamina Brando Susanto meminta pemerintah tidak terburu-buru dalam melakukan pembagian kompor listrik kepada warga.

Menurut Brando, hal ini lantaran Kementerian BUMN berencana menambah anggaran sebesar Rp 5 triliun yang akan dialokasikan untuk pembagian kompor listrik atau induksi secara gratis kepada masyarakat. Rencananya akan dimulai tahun depan dan bertahap hingga 5 tahun.

Kebijakan yang masuk dalam program utama PT PLN (Persero) itu, diyakini mampu mengatasi over supply listrik, bahkan mengurangi beban APBN dikarenakan impor liquefied petroleum gas (LPG) selama ini.

Soal kompor listrik lebih murah ketimbang kompor elpiji, Brando meminta perlu diperhitungkan secara benar dan teliti.

“Perhitungan harus benar-benar dilihat dari nilai hari ini dan ke depan. Apakah listrik kita akan selalu murah dan stabil? Jangan-jangan timbul masalah baru di masyarakat nantinya," kata Brando dalam keterangan tertulis pada Kamis (22/9).

Brando yang juga pemerhati dinamisasi subsidi energi untuk masyarakat ini merasa aneh jika pemerintah seperti terburu-buru membagikan kompor listrik ke masyarakat.

Dia mengatakan listrik dan elpiji sama-sama produk energi tidak terbarukan dan harganya ditentukan oleh currency luar dan market Internasional.

Ketua DPD Taruna Merah Putih DKI Jakarta ini menegaskan dalam jangka waktu menengah, solusi kompor listrik akan menimbulkan masalah baru dan berpotensi merepotkan masyarakat kembali.

Pelaku usaha distribusi elpiji Pertamina Brando Susanto meminta pemerintah tidak terburu-buru dalam melakukan pembagian kompor listrik kepada warga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close