Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Brimob Polda Babel Siap Meledakkan 20 Mortir Sisa Perang Dunia II

Senin, 10 April 2023 – 11:54 WIB
Brimob Polda Babel Siap Meledakkan 20 Mortir Sisa Perang Dunia II - JPNN.COM
Personel Brimob Belitung tengah melakukan evakuasi puluhan mortif (ANTARA/Kasmono)

jpnn.com - BELITUNG - Satuan Brimob Polda Bangka Belitung siap meledakkan 20 mortir aktif sisa peninggalan Perang Dunia II.  Mortir itu sebelumnya ditemukan dan diamankan di tempat pengepul barang bekas di Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

"Puluhan mortir aktif yang ditemukan akan diledakkan atau disposal,” kata Komandan Kompi Batalyon B Satbrimob Polda Babel Iptu Yudi Firmansyah di Tanjung Pandan, Senin (10/4).

Hanya saja, kata dia, waktu dan tempat untuk melakukan hal tersebut belum dapat dipastikan. “Karena  masih berkoordinasi dengan berbagai pihak yang berwenang," ungkapnya.

Yudi mengatakan untuk saat ini ada 20 mortir yang diduga masih aktif dan diamankan ke Mako Brimob Polda Babel.  "Sebanyak 20 mortir tersebut kami angkut ke Mako Batalyon B Satbrimob Polda Babel," katanya.

Dia menjelaskan evakuasi tersebut dilakukan guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan karena ini berada di dalam lingkungan masyarakat. “Kami juga mengingatkan masyarakat agar tidak mendekati lokasi penemuan mortir aktif ini," ungkapnya.

Sebanyak tujuh personel Batalyon B Satbrimob Polda Babel dikerahkan untuk mengevakuasi 20 mortir tersebut. Dia menjelaskan evakuasi juga dilakukan dengan penuh ketelitian dan kehati-hatian.


Mortir tersebut diletakkan ke dalam sebuah fiber yang diisi pasir guna mengurangi adanya tekanan dan gesekan yang berlebihan karena dikhawatirkan mortir tersebut meledak. "Alhamdulillah, proses evakuasi 20 mortir berjalan dengan aman, lancar, dan selamat," ujarnya.


Dia mengimbau bagi masyarakat yang menemukan mortir sisa Perang Dunia agar tidak diangkat ke darat karena bisa membahayakan jika tidak ditangani secara profesional.

Brimob Polda Bangka Belitung siap meledakkan 20 mortir aktif sisa peninggalan Perang Dunia II

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close