Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BSSN Sarankan Masyarakat Tidak Jual Laptop dan HP Lawas, Ini Alasannya

Kamis, 30 November 2023 – 22:09 WIB
BSSN Sarankan Masyarakat Tidak Jual Laptop dan HP Lawas, Ini Alasannya - JPNN.COM
Ilustrasi - Data pribadi (shutterstock)

jpnn.com, JAKARTA - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyarankan kepada masyarakat untuk tidak menjual gawai lawas seperti laptop, ponsel maupun gawai lainnya yang sudah tidak terpakai.

Penyebabnya, pihak-pihak tidak bertanggung jawab dapat mengambil data dan informasi yang tersimpan dalam segala jenis elektronik dengan mudah, sekalipun data tersebut sudah dihapus.

“Saya menyarankan ke masyarakat kalau misalkan memiliki laptop bekas, HP bekas, itu lebih baik jangan dijual, lebih baik dibiarkan hingga rusak,” kata Ketua Tim Insiden Siber Sektor Keuangan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Sandromedo Christa Nugroho ditemui di Jakarta, Kamis.

Saran itu disampaikan karena rupanya pihak-pihak tidak bertanggung jawab dapat mengambil data dan informasi yang tersimpan dalam segala jenis elektronik dengan mudah, sekalipun data tersebut sudah dihapus.

Sandromedo mengatakan, recovery atau pemulihan data dapat dilakukan pada perangkat elektronik, meskipun data tersebut telah dihapus dari bak sampah (trash bin) maupun riwayat data terhapus bila pada ponsel.

Ia menjelaskan, sejatinya terdapat dua jenis memori pada elektronik, yakni memori volatile, dan memori non-volatile.

Memori volatile merupakan jenis memori dalam komputasi yang membutuhkan daya untuk menyimpan informasi yang disimpan, seperti memori jangka pendek (random-access memory/RAM). Data yang tersimpan pada RAM akan tidak aktif atau hilang ketika gawai tersebut mati.

Sementara memori non-volatile merupakan memori yang datanya dapat ditulis serta dihapus, namun data akan tetap ada walaupun gawai dalam kondisi mati serta tidak membutuhkan daya.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyarankan kepada masyarakat untuk tidak menjual gawai lawas seperti laptop, ponsel maupun gawai lainnya yang sudah tidak t

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close