Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Buah Apa Bisa Memperkuat Imunitas Tubuh di Tengah Wabah Corona?

Rabu, 01 April 2020 – 11:22 WIB
Buah Apa Bisa Memperkuat Imunitas Tubuh di Tengah Wabah Corona? - JPNN.COM
Ilustrasi pandemi virus corona. Foto: diambil dari Marca

jpnn.com, NAGAN RAYA - Masyarakat diimbau menguatkan imunitas tubuh dalam menghadapi pandemi virus corona jenis baru (COVID-19).

Imbauan tersebut disampaikan dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nagan Raya, Provinsi Aceh dr Edi Hidayat, Sp.PD . Dia meminta masyarakat tidak perlu panik dan khawatir berlebihan.

“Jadi prinsipnya, untuk melawan virus ini dengan memperkuat daya tahan tubuh (imunitas). Yang terpenting sekali kita jangan stres,” kata Edi Hidayat di Suka Makmue, Ibu Kota Kabupaten Nagan Raya, Rabu (1/4).

Menurut dia apabila daya tahan tubuh seseorang tersebut kuat antibodinya, maka antibodi sendiri yang akan melawan virus yang masuk ke dalam tubuh manusia, termasuk virus corona.

Agar daya tahan tubuh seseorang dapat lebih meningkat, ia memberikan beberapa tips di antaranya mengonsumsi buah-buahan atau vitamin yang banyak mengandung vitamin C dan E.

Kedua vitamin ini, kata dia, sangat ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang, untuk meningkatkan antibodi sehingga dapat melawan setiap virus yang masuk ke dalam tubuh.

“Misalnya, kalau buah-buahan yang banyak vitamin C seperti buah jeruk. Atau lebih bagus lagi jika mengonsumsi buah jambu biji, ini lebih bagus karena tinggi kandungan vitamin C termasuk vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh,” katanya.

Hal terpenting lainnya yang harus dipahami oleh masyarakat, kata dia, yaitu seseorang tidak boleh stres dan tidak boleh tidur terlalu larut malam (begadang), karena dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Dokter Edi Hidayat, Sp.PD menyebut jenis buah yang bisa memperkuat imunitas tubuh, di tengah wabah virus corona COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close