Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Budaya Setempat di Kurikulum Muatan Lokal

Jumat, 05 Februari 2010 – 15:49 WIB
Budaya Setempat di Kurikulum Muatan Lokal - JPNN.COM
JAKARTA - Guna melestarikan budaya Indonesia, pemerintah diharapkan dapat memasukkan mata pelajaran budaya unggulan sebagai muatan lokal. Cara ini dianggap efektif untuk mengenalkan mata budaya kepada generasi kini.

Profesor Dr Arief Rachman, anggota dewan International Bureau of Education Council UNESCO (IBE-UNESCO) mencontohkan, angklung misalnya, sebagai salah satu budaya dari Jawa Barat, dapat dimasukkan sebagai mata pelajaran intrakulikuler di sekolah hingga universitas. "Kalau dulu sebagai ekstrakulikuler, lama-lama bisa jadi intrakulikuler," tambahnya, di Jakarta, Jumat (5/2).

Daerah-daerah lainnya di Indonesia yang mempunyai budaya khas, menurut Arief lagi, juga dapat melakukan hal yang sama. Tujuannya, terutama agar budaya tersebut tak hanya diakui, namun dapat diteruskan kepada generasi masa kini. Untuk itu, dinas pendidikan dan pemerintah daerah setempat dipandang memegang peranan penting dalam menyusun kurikulum tersebut.

Sinergisitas dua institusi ini, kata Arief lagi, cukup menentukan. Hal ini khususnya terkait dengan tenaga pengajar. Dalam hal ini, pemerintah daerah harus memiliki pengajar yang menguasai dan mampu mengajarkan budaya setempat.

JAKARTA - Guna melestarikan budaya Indonesia, pemerintah diharapkan dapat memasukkan mata pelajaran budaya unggulan sebagai muatan lokal. Cara ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA