Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Budiman Sudjatmiko Bicara tentang Kemajuan Teknologi dan Silicon Valley

Selasa, 09 Maret 2021 – 23:02 WIB
Budiman Sudjatmiko Bicara tentang Kemajuan Teknologi dan Silicon Valley - JPNN.COM
Budiman Sudjatmiko. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Politisi PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko terus mendorong kemajuan teknologi melalui investasi pada bidang ilmu pengetahuan dan inovasi.

Menurut Budiman, agar kekuatan sains tumbuh makin digdaya, Indonesia harus punya komite sains kepresidenan.

“Beberapa waktu lalu saya sempat berdiskusi dengan Dokter Mei, seorang neurosaintis. Kami bicara tentang contoh-contoh komite sains kepresidenan dan kantor perdana menteri di AS, Inggris dan Selandia Baru. Menurut saya, Presiden Jokowi juga seharusnya punya," ujar Budiman.

Budiman berharap tak lama lagi akan bermunculan desa dengan konsep 'silicon villages' alias desa berbasis teknologi dan inovasi revolusi industri 4.0. di banyak tempat di Indonesia.

Apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini yang menuntut orang lebih banyak bekerja dari rumah (work from home), menurutnya gagasan tersebut harus segera diwujudkan.

Sementara minimnya akses internet di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal), Budiman mendorong pemerintah daerah membangun infrastruktur digital tanpa harus tergantung pada dana pusat atau perusahaan telekomunikasi.

“Salah satunya bisa dari badan usaha milik desa (BUMdes). BUMdes bisa jadi penyedia jasa ISP (Internet Service Provider) sendiri. Mereka bisa kerja sama dengan perusahaan penyedia jaringan internet swasta dan bagi hasil,” ucapnya.

Lebih jauh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, gerakan Inovator 4.0 disebutnya bisa menjadi solusi kongkret dalam menjawab tantangan zaman yang berubah sangat cepat dan makin dinamis.

Budiman berharap tak lama lagi akan bermunculan desa dengan konsep 'silicon villages' alias desa berbasis teknologi dan inovasi revolusi industri 4.0. di banyak tempat di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close