Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Buka Sekolah Pemimpin Perubahan, Gus Imin Ingatkan Adanya Disrupsi Politik

Rabu, 10 Juli 2024 – 17:14 WIB
Buka Sekolah Pemimpin Perubahan, Gus Imin Ingatkan Adanya Disrupsi Politik - JPNN.COM
Ketua PKB Muhaimin Iskandar (di atas mimbar) memberikan amanat saat membuka Sekolah Pemimpin Perubahan. Foto: source for JPNN

jpnn.com - MALANG - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar menekankan pentingnya perubahan dalam setiap laku politik, saat memberikan amanat dalam konsolidasi bertajuk Sekolah Pemimpin Perubahan (SPP) Wilayah 1 Jawa Timur, di Coban Rondo, Malang, Rabu (10/7).

SPP 1 Jatim itu diikuti seluruh anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota terpilih pada Pileg 2024.

"Seluruh lini kehidupan telah mengalami disrupsi, termasuk politik. Disrupsi itu akan menimbulkan pergeseran-pergeseran dalam banyak hal. Mulai cara kerja, pengelolaan, perekrutan kader, sistem kaderisasi, ideologisasi, manajemen partai, serta persoalan-persoalan lain yang berkembang sangat dinamis," kata Gus Imin -panggilan Muhaimin.

Gus Imin menyatakan, terjadinya disrupsi tersebut menuntut partai politik serta seluruh wakil takyat, terutama dari PKB, beradaptasi.

Menurutnya, apabila setiap laku politik gagap terhadap disrupsi tersebut, bukan tidak mungkin pada saatnya akan tergilas zaman.

"Seluruh perubahan itu tentu menuntut penyikapan, pengelolaan, dan pendekatan yang tidak tunggal. Tanpa adaptasi yang tepat dalam mengelola partai politik, maka sebuah parpol bisa jadi hanya tinggal sejarah dalam nama besar yang tertulis dalam lembaran-lembaran kertas dan jejak digital," ujarnya.

Gus Imin juga mengurai adanya kritik tajam yang dialamatkan kepada setiap partai politik, yaitu terkait penyiapan pemimpin bangsa.

Menurutnya minimnya calon dari internal partai politik dalam banyak kontestasi dianggap kegagalan partai politik dalam menyiapkan calon-calon pemimpin bangsa.

Gus Imin menyatakan, terjadinya disrupsi tersebut menuntut partai politik serta seluruh wakil takyat, terutama dari PKB, beradaptasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA