Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bukan Pembakaran Al-Qur'an atau Islamofobia, Ini Alasan Erdogan Jegal Swedia di NATO

Selasa, 04 Juli 2023 – 16:35 WIB
Bukan Pembakaran Al-Qur'an atau Islamofobia, Ini Alasan Erdogan Jegal Swedia di NATO - JPNN.COM
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto: AFP

jpnn.com, ANKARA - Aksi pembakaran Al-Qur'an di Swedia bukan alasan Turki menentang keinginan negara Skandinavia itu bergabung dengan NATO.

Meski mengecam tindakan biadab tersebut, Presiden Recep Tayyip Erdogan menegaskan bahwa alasan Turki menghalangi permohonan tersebut adalah sikap Swedia yang melindungi musuh-musuh politik Ankara.

Swedia dan Finlandia membuang kebijakan non-blok militer dan melamar jadi anggota NATO beberapa bulan setelah Rusia menginvasi Ukraina.

Permohonan keanggotaan harus disetujui oleh semua anggota NATO, tetapi Turki dan Hungaria belum menyetujui tawaran Swedia.

Turki telah berulang kali mengatakan bahwa Swedia perlu mengambil langkah tambahan terhadap pendukung Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan simpatisan kelompok yang dituduh sebagai dalang kudeta 2016.

Rezim Erdogan memperlakukan kedua kelompok itu sebagai organisasi teroris.

Turki mengharapkan Swedia berhenti melindungi anggota kedua kelompok, kata Erdogan dalam pidatonya setelah rapat kabinet di Ankara, Senin (3/4).

"Setiap orang harus mengakui bahwa mereka tidak dapat menjalin persahabatan dengan Turki dengan membiarkan teroris berdemonstrasi di lapangan paling sentral di kota mereka," katanya.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan adalah penghalang terbesar rencana Swedia bergabung dengan NATO. Ada kaitannya dengan pembakaran Al-Qur'an?

Sumber Reuters

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close