Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Buku Putih Tiongkok Ungkap Kemunculan Wabah Virus Corona dan Latar Belakang Lockdown Wuhan

Senin, 08 Juni 2020 – 12:42 WIB
Buku Putih Tiongkok Ungkap Kemunculan Wabah Virus Corona dan Latar Belakang Lockdown Wuhan - JPNN.COM
Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: Reuters

jpnn.com, BEIJING - Tiongkok mengungkapkan latar belakang penutupan Kota Wuhan pada 23 Januari 2020 melalui buku putih yang diterbitkan di Beijing, Minggu (7/6). Buku tersebut diberi judul Fighting COVID-19: Tiongkok in Action.

Isi buku itu menyebutkan bahwa pada 22 Januari, Presiden Xi Jinping yang juga Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok (CPC) sekaligus Ketua Komisi Militer Pusat (CMC) memerintahkan tindakan paksaan untuk membatasi pergerakan masyarakat dan akses keluar-masuk Hubei dan Wuhan.

Pada 23 Januari, pukul 02.00 waktu setempat (01.00 WIB), Pusat Komando Pengendalian dan Pencegahan Virus Novel Corona Kota Wuhan menerbitkan surat edaran nomor 1 tentang maklumat penutupan sementara kota itu dari dan ke luar, baik dari bandar udara maupun stasiun kereta api, mulai pukul 10.00 waktu setempat pada hari yang sama.

Kementerian Perhubungan Tiongkok juga mengambil tindakan darurat berupa penangguhan arus lalu lintas dari Wuhan ke negara lain, baik melalui jalur darat maupun jalur perairan.

"Hal ini menandai dimulainya perang total untuk melindungi Wuhan dan Hubei dari epidemi," tulis pihak Kantor Informasi Dewan Negara dalam buku tersebut.

Di buku putih itu juga terungkap bahwa pimpinan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular Tiongkok (CCDC) telah menginformasikan kepada lembaga yang sama milik pemerintah Amerika Serikat pada 4 Januari.

"Pada 4 Januari, Kepala CCDC telah melakukan percakapan telepon dengan Direktur CDC AS untuk memberikan brifing tentang pneumonia baru. Kedua belah pihak sepakat untuk terus membagikan informasi dan bekerja sama dalam hal-hal teknis," demikian isi buku itu.

Komunikasi antarkedua belah pihak itu terjadi sehari setelah otoritas kesehatan di Wuhan menginformasikan mewabahnya pneumonia atau radang paru-paru berat tanpa diketahui penyebabnya dengan jumlah kasus pada saat itu mencapai angka 44.

Pemerintah Tiongkok menerbitkan buku putih yang mengungkapkan secara detail pertempuran melawan virus corona di negara tersebut

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close