Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bung Hatta jadi Simbol Bapak Perumahan Indonesia

Jumat, 26 September 2014 – 23:57 WIB
Bung Hatta jadi Simbol Bapak Perumahan Indonesia - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) memberikan anugerah penghargaan kepada (Alm) Mohammad Hatta atau Bung Hatta sebagai Bapak Perumahan Indonesia. Pemikiran serta cita-cita Bung Hatta yang mendorong kepedulian terhadap program perumahan rakyat Indonesia diharapkan dapat terus dilanjutkan mengingat kebutuhan akan papan juga menjadi salah satu kebutuhan pokok setiap manusia.

“Kemenpera pada peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) tahun 2014 ini memberikan penghargaan kepada Bung Hatta sebagai Bapak Perumahan Indonesia,” ujar Sekretaris Kementerian Perumahan Rakyat (Sesmenpera) Rildo Ananda Anwar, Jumat (26/9).

Pemberian penghargaan dari Kemenpera tersebut dilakukan Sesmenpera Rildo Ananda Anwar secara langsung kepada perwakilan keluarga Bung Hatta yakni Meutia Hatta.

Rildo Ananda Anwar menjelaskan, Bung Hatta yang pernah menjabat sebagai Wakil Presiden pertama Republik Indonesia sangat memiliki kepedulian terhadap program perumahan rakyat. Pada Konferensi Ekonomi di Yogyakarta pada 3 Februari 1946, Bung Hatta yang berpidato atas nama Wakil Presiden RI yang bertajuk “Ekonomi Indonesia di Masa Datang” mengkategorikan tempat kediaman (perumahan) sebagai bagian usaha perbaikan kesehatan rakyat dan tidak hanya sebagai tempat tinggal namun juga hak hidup secara layak dan terbebas dari segala ancaman penyakit.

Selain itu, imbuhnya, Bung Hatta menganggap rumah sangat berpengaruh atas jiwa manusia. Menurut Bung Hatta, tinggal dalam gubuk kumuh itu identik dengan sikap pasrah dan menerima kenyataan. Oleh karena itu untuk membebaskan jiwa rakyat dari sikap pasrah maka "gubuk-gubuk derita" harus digantikan dengan rumah yang bermartabat dan didalamnya harus tertanam dasar untuk menghargai kebudayaan.

“Segala sesuatu mulai dari pendidikan serta hal lain berawal dari rumah. Inilah saatnya pemerintah bersama pemangku kepentingan bidang perumahan bersama-sama mendorong terwujudnya rumah layak huni sesuai cita-cita Bung Hatta," harapnya. (esy/jpnn)

JAKARTA - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) memberikan anugerah penghargaan kepada (Alm) Mohammad Hatta atau Bung Hatta sebagai Bapak Perumahan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close