Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bupati Dico Tampung Kreativitas Anak Bangsa Melalui Perpusda, Publik Mengapresiasi

Selasa, 13 Februari 2024 – 03:56 WIB
Bupati Dico Tampung Kreativitas Anak Bangsa Melalui Perpusda, Publik Mengapresiasi - JPNN.COM
Bupati Kendal Dico Ganinduto. Foto: Instagram.com/dicoganinduto

jpnn.com, KENDAL - Pengamat Pendidikan Doni Koesoema mengapresiasi upaya Bupati Kendal Dico Ganinduto dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat di daerahnya.

Hal itu terbukti dengan menyediakan ruang-ruang untuk pengembangan literasi, salah satunya mendirikan Perpustakaan Daerah (Perpusda) termegah di Indonesia dengan 40 ribu lebih koleksi buku.

"Upaya Bupati Dico meningkatkan kualitas dan layanan perpustakaan di daerahnya adalah sebuah kebijakan yang patut di apresiasi. Karena telah berkontribusi menciptakan pusat peradaban dan sarana literasi masyarakat Kendal. Khan memang selama ini kan dalam berbagai macam riset, akses untuk buku-buku bermutu, akses untuk membaca buku itu kan sangat kurang, padahal buku adalah jendela dunia yang bisa memberdayakan," kata Doni dalam keterangannya, Senin (12/2).

Tak cuma itu, dengan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas untuk menunjang kreativitas masyarakat setempat, Perpusda Kendal berhasil memecahkan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Gedung perpustakaan terluas dengan 4.060 Meter persegi.

Kemudian, juga terdapat ruang baca referensi, ruang pustakawan, ruang pertemuan, dan ruang audio visual serta ramah disabilitas.

Terdapat juga, co-working space yang bisa menjadi ruang kreativitas bagi generasi muda di Kabupaten Kendal.

Sehingga menurutnya, dengan adanya perpustakaan dengan fasilitas yang lebih memadai bisa membuat kreativitas masyarakat, khususnya generasi muda lebih bertumbuh dan berkembang.

"Karena perpustakaan itu sebenarnya hampir sama fungsinya dengan sekolah. Orang yang tidak berkegiatan apapun tapi banyak ke perpustakaan membaca buku-buku yang berguna bagi dia, dia akan mendapatkan manfaat dari buku-buku yamg dibaca dan itu akan membuat peningkatan kualitas individu sendiri," katanya.

Pengamat Pendidikan Doni Koesoema mengapresiasi upaya Bupati Kendal Dico Ganinduto dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat di daerahnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close