Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bupati Nina Agustina Mengajak Seluruh Elemen Meningkatkan Pertanian Indramayu

Jumat, 21 Juni 2024 – 13:47 WIB
Bupati Nina Agustina Mengajak Seluruh Elemen Meningkatkan Pertanian Indramayu - JPNN.COM
Bupati Indramayu Nina Agustina panen padi bersama warga. Foto: source for JPNN

jpnn.com - INDRAMAYU - Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan bahwa sektor pertanian di wilayahnya masih menjadi sektor unggulan yang harus dipertahankan dan ditingkatkan.

Nina menyampaikan hal itu dalam sambutannya saat pemberian bantuan pompa air untuk kelompok petani di Pendopo Kabupaten Indramayu, Rabu (19/6).

Bupati Nina memaparkan, sejak 2021 hingga 2023, Kabupaten Indramayu terus menduduki peringkat nomor satu sebagai produsen padi tertinggi di Indonesia, meskipun pada 2023 produksi padi Indramayu turun sebab fenomena El Nino.

"Sebesar 1,76 juta ton gabah kering panen yang setara 1,45 juta ton gabah kering giling untuk 2021, dan 2022 sebesar 1,79 juta ton gabah kering panen setara dengan 1,49 juta ton gabah kering giling," ujarnya.

"Kemudian pada 2023 produksi padi Indramayu masih tetap tertinggi tingkat nasiaonal meskipun ada badai El Nino, sehingga hasil produksinya menurun 1,67 juta ton gabah panen setara dnegan 1,37 juta ton gabah kering giling," imbuh Nina.

Dia pun mengajak seluruh elemen masyarakat dan perangkat pemerintah bersama-sama mengupayakan peningkatan hasil pertanian, khususnya komoditas padi.

"Peningkatan ini akan terwujud apabila ada sinergi dari semua pihak serta ketersediaan sarana dan prasarana produksi pertanian, termasuk alsintan bagi petani," tuturnya.

"Pemerintah Kabupaten Indramayu senantiasa memberikan motivasi dan dorongan kepada para petani agar upaya peningkatan produktivitas padi dapat tercapai."

Menurut Nina, sejak 2021 hingga 2023, Kabupaten Indramayu menduduki peringkat satu sebagai produsen padi tertinggi di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close