Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bupati Sabu Raijua Terpilih Orient P Riwu Kore: Saya WNI Sah

Sabtu, 06 Februari 2021 – 14:55 WIB
Bupati Sabu Raijua Terpilih Orient P Riwu Kore: Saya WNI Sah - JPNN.COM
Bupati Sabu Raijua Terpilih Orient P Riwu Kore. Foto: dok pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Bupati Sabu Raijua terpilih, Nusa Tenggara Timur (NTT), Orient P Riwu Kore menanggapi polemik status kewarganegaraannya sebagai WN Amerika.

Orient menegaskan dirinya WNI asli. Dia lahir di Kota Kupang 7 Oktober 1965. Dia bersekolah mulai SD hingga perguruan tinggi di Kupang. Terakhir, dia menyelesaikan studi S1 di Universitas Nusa Cendana.

"Saya WNI yang sah karena NIK (nomor induk kependudukan) tercatat resmi di data base kependudukan pada Ditjen Dukcapil," tegas Orient dalam keterangan resmi kepada awak media.

Dia menyampaikan permintaan maaf atas polemik status kewarganegaraannya usai terpilih di Pilkada Sabu Raijua 2020.

Orient memastikan telah memenuhi semua syarat pencalonannya, mulai dokumen kependudukan hingga seluruh tahapan yang dilaksanakan penyelenggara pilkada.

Termasuk di antaranya proses politik mulai tingkat daerah sampai dewan pimpinan pusat (DPP), sebelum kemudian diusung PDIP, Demokrat dan Gerindra.

"Semua tahapan Pilkada oleh KPU saya lewati," ujar Orient.

Lepas Kewarganegaraan Amerika

Orient mengakui bahwa dirinya memang sempat memiliki paspor Amerika selama 20 tahun saat bekerja di negeri Paman Sam. Namun, status WNA itu saat ini sudah dia lepaskan menyusul pencalonannya sebagai kepala daerah.

Bupati Sabu Raijua Terpilih Orient P Riwu Kore menyampaikan permintaan maaf atas polemik status kewarganegaraannya usai terpilih di pilkada.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close