Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Butuh Rp 1,8 Triliun, Gedung Baru DPR Segera Dibangun

Rabu, 04 Agustus 2010 – 21:41 WIB
Butuh Rp 1,8 Triliun, Gedung Baru DPR Segera Dibangun - JPNN.COM
JAKARTA - Mantan Ketua BAdan Anggaran DPR yang kini duduk sebagai Wakil Ketua Komisi XI bidang Keuangan, Harry Azhar Aziz, menyatakan pembangunan gedung baru DPR 36 lantai segera dimulai pada Oktober 2010 mendatang. Pembangunan gedung baru dewan itu membutuhkan anggaran sebesar Rp 1,8 triliun yang akan didanai dengan APBN tahun jamak (multiyears) dari 2010, 2011 dan 2012.

"Sesuai dengan rencana dan jika tidak ada aral-melintang, peletakan batu pertama gedung baru DPRdilakukan Oktober mendatang," kata Harry Azhar Aziz, di Jakarta, Rabu (4/8). Politisi Golkar itu merincikan, disain utuh bangunan tersebut, berbentuk gerbang, atau bingkai yang mencerminkan anggota DPR dari beragam latar belakang dan daerah serta berlandaskan filosofi air mengalir. Unsur air di samping sebagai elemen estetis, juga dipergunakan sebagai penghubung antara bangunan yang sudah ada (eksisting) dengan gedung baru yang akan dibangun.

"Filosofi air mengalir ini dimaksudkan sebagai simbol atau analog bahwa apapun yang dilakukan DPR, selalu mengalir (bermanfaat) bagi rakyat Indonesia (kolam dengan deretan tiang bendera, merupakan analog dari “kolam” bangsa Indonesia)," jelasnya.

Lebih jauh wakil rakyat dari daerah pemilihan Kepulauan Riau itu menegaskan, pembangunan gedung baru DPR sudah sangat mendesak mengingat daya dukung gedung lama sudah tidak sebanding dengan dewan. Akibatnya, seringkali DPR harus melakukan pertemuan atau rapat di luar gedung. Bahkan untuk menerima tamu terhormat, anggota tidak punya ruang yang representatif.

JAKARTA - Mantan Ketua BAdan Anggaran DPR yang kini duduk sebagai Wakil Ketua Komisi XI bidang Keuangan, Harry Azhar Aziz, menyatakan pembangunan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close