Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BWA dan Hutama Karya Merenovasi Total Surau Pencetak Hafiz

Rabu, 20 Oktober 2021 – 23:00 WIB
BWA dan Hutama Karya Merenovasi Total Surau Pencetak Hafiz - JPNN.COM
Surau Bungo tempat mencetak para penghafal Al-Qur'an yang sudah direnovasi total. Foto dokumentasi Badan Wakaf Al-Qur'an

jpnn.com, PADANG PARIAMAN - Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) Inovasi Wakaf bersama Hutama Karya merenovasi total bangunan Surau Bungo Mandahiling Ludai, Pagaruyung, Sumatera Barat. Tempat ibadah sekaligus pencetak para penghafal Al-Qur'an (hafiz) yang sering mendulang prestasi itu bangunannya terancam ambruk.

Ustaz Ichsan Salam, chief Finance Officer BWA mengatakan bila tidak cepat-cepat diganti, dikhawatirkan sewaktu-waktu bisa ambruk dan mencederai jemaah saat salat atau anak-anak yang sedang belajar agama. 

"Kondisi tempat wudu dan toiletnya pun sangat buruk, tidak layak untuk dijadikan tempat bersuci,” kata Ustaz Ichsan dalam siaran persnya, Rabu (20/10).

Desa Mandahiling Ludai merupakan salah satu desa terpencil di Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat, dengan mayoritas masyarakat muslim. Penduduknya kurang lebih 150 KK dengan penduduk total sekitar 500 orang. 

"Surau ini menjadi satu-satunya tempat sarana ibadah masyarakat dan tempat anak-anak untuk belajar mengaji dan menghafal Al-Qur’an.  Mereka langganan juara di sini," kata Ichsan.

Selain prestasi dalam kejuaraan lomba tahfidz, juga lomba azan, pidato bahkan Musabaqah Tilawatil Qur’an sebagai juara umum di tingkat Nagari Pagaruyung.

Melalui Program Wakaf Khusus Dakwah yang menggandeng PT Hutama Karya (Persero), surau ini lantas diperbaiki total. Selain itu masyarakat juga menerima bantuan wakaf Al-Qu'ran.

Proses renovasi dibagi atas tiga bagian yang meliputi bangunan utama surau seluas 100 meter persegi, tempat wudu dan toilet seluas 35 meter persegi, juga tempat tinggal ustaz seluas 53 meter persegi. Proses renovasi total ini selesai 17 Agustus dan diresmikan 15 Oktober 2021.

Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) Inovasi Wakaf menggandeng Hutama Karya merenovasi total surau tua pencetak para hafiz Qur'an

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close