Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cabai di Jateng Melimpah, Pj Gubernur Nana Optimistis Harganya Akan Turun

Rabu, 20 Desember 2023 – 13:17 WIB
Cabai di Jateng Melimpah, Pj Gubernur Nana Optimistis Harganya Akan Turun - JPNN.COM
Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana (kiri) melakukan panen bersama petani cabai di Desa Sriwungu, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Rabu (23/12). Foto: Pemprov Jateng

jpnn.com, TEMANGGUNG - Dalam upaya stabilisasi harga cabai, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana melakukan panen bersama petani di Desa Sriwungu, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Rabu (23/12).

Nana mengatakan kegiatan panen itu dilaksanakan secara serentak dengan tiga provinsi lain, meliputi Banten, DKI, dan Jabar.

"Alhamdulilah, memasuki musim penghujan ini, cabai sudah mulai bisa dipanen. Untuk di Jateng, selain Temanggung juga ada di Magelang, Boyolali, Banjarnegara, dan Wonosobo," kata Nana.

Dia mengatakan lahan tanaman cabai di Desa Sriwungu seluas 20 hektare. Dari jumlah itu, sekitar sepuluh hektare lahan sudah siap dipanen.

Setiap satu hektare lahan dapat menghasilkan sekitar satu ton cabai.

"Hasilnya cukup baik, satu hektare lahan dapat menghasilkan satu ton cabai. Jadi, kalau sepuluh hektare, ya, bisa panen sepuluh ton. Ini sekali panen," jelasnya.

Adapun luasan tanaman capai se Kecamatan Tlogomulyo, mencapai 414 hektare.

Jenis tanamannya ialah cabai rawit dan cabai merah keriting. Dari jumlah itu, sekitar 164 hektare lahan cabai rawit dan 15 hektare cabai merah keriting sudah siap dipanen.

Alhamdulillah, memasuki musim penghujan di Jateng, cabai sudah mulai bisa dipanen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close