Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cairns Group Sarana Lindungi Petani

Kamis, 11 Juni 2009 – 17:01 WIB
Cairns Group Sarana Lindungi Petani - JPNN.COM
JAKARTA-- Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menjelaskan, selain menjadi anggota  Cairns Group, Indonesia juga aktif sebagai Koordinator Kelompok G-33 yang memperjuangkan mekanisme special products (SPs) dan special safeguard mechanism (SSM).

Sebagai bagian dari special and differential treatment (S&D), SPs dan SSM sangat dibutuhkan negara berkembang untuk melindungi petani kecil dan miskin dari lonjakan impor dan mengecualikan sebagian produk pertanian dari pemotongan tarif. “Sasaran akhirnya adalah menjaga kepentingan ketahanan pangan (food security), ketahanan penghidupan (livelihood security) dan pembangunan pedesaan (rural development),” terang Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu di Jakarta, Kamis (11/6).

Dikatakan, negara maju diharapkan dapat menunjukkan fleksibilitasnya dan bersikap lebih realistis dalam mendorong kepentingannya mengingat putaran ini adalah putaran pembangunan.Setiap upaya mengubah tujuan dan proses perundingan dalam Deklarasi Doha, terangnya,  justru akan merusak hasil-hasil yang telah dibangun selama lebih dari tujuh tahun berunding. 

Mari Elka mengatakan, Cairns Group Ministerial Meeting (CGMM)  di Bali turut mengundang negara mitra dagang utama. Di antaranya, Amerika Serikat, Jepang, Uni Eropa, India , dan China.

JAKARTA-- Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menjelaskan, selain menjadi anggota  Cairns Group, Indonesia juga aktif sebagai Koordinator

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA