Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Caketum PB PMII Bicara Pentingnya Pemetaan Zonasi Gerakan Berbasis Isu Lokal

Senin, 12 Agustus 2024 – 20:23 WIB
Caketum PB PMII Bicara Pentingnya Pemetaan Zonasi Gerakan Berbasis Isu Lokal - JPNN.COM
Calon Ketua Umum PB PMII Hasnu Ibrahim berkomitmen mendorong laboratorium gerakan pada setiap level struktur. Foto: Dok. Pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Calon Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) Hasnu Ibrahim berkomitmen mendorong laboratorium gerakan pada setiap level struktur.

Dia juga ingin pemetaan zonasi gerakan berbasis isu lokal apabila dirinya mendapatkan amanah untuk menjadi orang nomor satu di PMII pada Kongres ke-21 PMII yang digelar 9-15 Agustus di Palembang, Sumatera Selatan.

"Laboratorium gerakan pada setiap level struktur dan pemetaan zonasi gerakan berbasis isu lokal adalah gagasan terdidik dan terpimpin yang ditawarkan oleh PB PMII sebagai proses mengidentifikasi area-area spesifik di suatu wilayah yang memiliki potensi tinggi untuk menjadi pusat gerakan sosial terkait isu-isu lokal yang relevan yang akan dikawal oleh PMII se Nusantara," kata Hasnu, Senin (12/8).

Hasnu menjelaskan, proses tersebut melibatkan analisis mendalam terhadap kondisi sosial, ekonomi, budaya, dan politik di suatu wilayah.

Hal itu diperlukan untuk mengidentifikasi kelompok-kelompok masyarakat yang paling rentan, sumber daya yang tersedia, dan hambatan yang mungkin dihadapi dalam melakukan gerakan perubahan bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Menurutnya, ada beberapa alasan strategis mengapa laboratorium gerakan dan pemetaan zonasi gerakan ini penting untuk didorong oleh PB PMII, pertama, aspek efisiensi.

Kedua, soal relevansi dan PMII akan memastikan bahwa gerakan yang dilakukan relevan dengan konteks lokal dan kebutuhan masyarakat setempat.

Ketiga, aspek kolaborasi yang memudahkan koordinasi antara berbagai pihak yang terlibat dalam gerakan, baik pemerintah, masyarakat dan media demi terciptanya masyarakat madani yang inklusif.

Calon Ketua Umum PB PMII Hasnu Ibrahim berkomitmen mendorong laboratorium gerakan pada setiap level struktur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA