Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Caleg Terpilih Harus Ditatar

Sabtu, 06 Juni 2009 – 18:25 WIB
Caleg Terpilih Harus Ditatar - JPNN.COM
LEMBANG – Caleg terpilih hasil pemilu legislatif April lalu baru akan menduduki kursi di DPR setelah dilantik pada 1 Oktober 2009. Namun  sebelum dilantik, caleg terpilih perlu harus menjalani orientasi agar memahami tugas dan wewenangnya di parlemen.

Demikian diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Nining Indra Saleh saat membuka Press Gathering Wartawan DPR RI di Lembang (Jawa Barat), Sabtu (6/6). Kegiatan ini terkait evaluasi kinerja DPR periode 2004-2009 sekaligus persiapan peningkatan kinerja anggota DPR baru. Menurut Nining, orientasi tugas bagi anggota DPR periode 2009-2014 akan diselenggakan awal Agustus 2009. "Jika orientasi dilakukan mendekati pelantikan, dikhawatirkan tidak akan optimal," kata Nining.

Nioning menegaskan, orientasi tugas seperti itu sudah banyak diselenggarakan anggota parlemen di negara lain, termasuk negara maju sekalipun. Namun untuk parlemen Indonesia, lanjutnya, orientasi diselenggarakan pertama kali.

"Program orientasi tugas itu sangat penting mengingat sekitar 75 persen anggota DPR terpilih merupakan wajah baru. Artinya, sebagian besar anggota DPR periode 2009-2014 perlu mendalami tugas dan wewenangnya agar kinerjanya dapat meningkat dibanding periode saat ini," ujarnya.

LEMBANG – Caleg terpilih hasil pemilu legislatif April lalu baru akan menduduki kursi di DPR setelah dilantik pada 1 Oktober 2009. Namun 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA