Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Calon Komisioner KY Khawatir Dijegal DPR

Rabu, 12 Mei 2010 – 19:59 WIB
Calon Komisioner KY Khawatir Dijegal DPR - JPNN.COM
JAKARTA - Panitia Seleksi anggota Komisi Yudisial (Pansel KY) telah menyiapkan tiga langkah untuk mengantisipasi masuknya orang-orang tak kredibel, dalam proses pemilihan anggota lembaga pengawas dan pengadil para hakim nakal tersebut. Selain cara konvensional dengan mengumumkan lowongan anggota KY di media massa, Pansel juga akan mendatangi kalangan akademis, tokoh masyarakat, serta organisasi kemasyarakatan.

Sementara cara terakhir, menurut Ketua Pansel Harkristuti Harkrisnowo, Rabu (12/5), adalah dengan menawarkan langsung kepada tokoh yang dinilai kredibel. Pernyataan Harkristuti yang merupakan Dirjen Hak Asasi Manusia (HAM) Kementerian Hukum dan HAM ini, adalah demi menjawab pertanyaan dari Asep Rahmat Fajar, anggota Koalisi Pemantau Peradilan (KPP), di Gedung Uppindo, Jakarta Selatan.

Keraguan KPP sendiri, lanjut Asep, lantaran berdasarkan pengalaman di lembaga sejenis, di mana selalu saja ada orang yang sengaja disusupkan dengan tujuan melemahkan organisasi tersebut. "Jangan terulang seperti kasus Irawady Joenoes," timpal Febri Diansyah, anggota KPP dari Indonesia Corruption Watch (ICW), menceritakan catatan hitam KY. Seperti diketahui, Irawady adalah komisioner (anggota) KY yang ditangkap KPK karena tertangkap tangan menerima uang suap dalam pengadaan lahan gedung kantor KY di Jl Kramat Jati.

Sementara, keraguan juga dikemukakan oleh para calon yang dihubungi Pansel. Menurut anggota Pansel, Komarudin Hidayat, sebagian di antaranya menyangsikan independensi uji kelayakan di Komisi III DPR RI. "Kata mereka (calon), 'Apa metodologi yang digunakan DPR hingga berbeda dengan Pansel?' Bahkan karena adanya kepentingan politik, calon khawatir diganjal dengan alasan datanya kurang akurat," sebut Komarudin.

JAKARTA - Panitia Seleksi anggota Komisi Yudisial (Pansel KY) telah menyiapkan tiga langkah untuk mengantisipasi masuknya orang-orang tak kredibel,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA