Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Calon Penerima KIP Kuliah 2024 Siapkan 3 Dokumen Ini, Penting 

Rabu, 14 Februari 2024 – 21:58 WIB
Calon Penerima KIP Kuliah 2024 Siapkan 3 Dokumen Ini, Penting  - JPNN.COM
Ilustrasi mahasiswa. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pendaftaran KIP Kuliah dibuka sejak 12 Februari sampai dengan 31 Oktober 2024.

Kemendikbudristek membuka kesempatan seluas-luasnya bagi anak-anak Indonesia yang berkeinginan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sesuai dengan minatnya melalui skema beasiswa KIP Kuliah Merdeka. 

Penanggung Jawab Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah, Muni Ika menjelaskan pendaftaran calon penerima KIP Kuliah 2024 bisa dilakukan oleh lulusan SMA/SMK sederajat yang lulus tahun 2024, 2023 dan 2022. 

Para penerima KIP Kuliah Merdeka merupakan lulusan SMA sederajat yang telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi baik melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), maupun Seleksi Mandiri perguruan tinggi. 

Calon penerima harus diterima pada perguruan tinggi yang terakreditasi baik Perguruan Tinggi Akademik dan Vokasi di PTN maupun PTS dan kuliah pada program studi yang terakreditasi secara resmi serta tercatat pada sistem akreditasi nasional perguruan tinggi. 

Muni Ika menambahkan bahwa semua calon penerima KIP Kuliah Merdeka wajib memiliki akun pendaftaran KIP Kuliah Merdeka.

Pendaftaran akun dapat dilakukan secara daring melalui laman KIP Kuliah Merdeka yaitu https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ sejak Senin, 12 Februari 2024. Pendaftaran akun dapat dilakukan oleh siswa secara mandiri bagi siswa yang akan mengikuti SNBP, SNBT maupun seleksi mandiri. 

Bagi mahasiswa yang sudah diterima dan registrasi di perguruan tinggi melalui seleksi mandiri, perguruan tinggi bisa membantu mendaftarkan mahasiswa untuk memiliki akun pendaftaran KIP Kuliah Merdeka. 

Calon penerima KIP Kuliah 2024 segera menyiapkan 3 dokumen ini. Pelajari sejumlah ketentuan ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close