Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cara Tepat Pilih AC Biar Tagihan Listrik Tetap Hemat

Jumat, 26 Januari 2024 – 15:18 WIB
Cara Tepat Pilih AC Biar Tagihan Listrik Tetap Hemat - JPNN.COM
Ilustrasi - PT Daikin Air conditioning Indonesia (DAIKIN) memperkenalkan model AC inverter DAIKIN yang telah memiliki peringkat bintang lima Tanda Hemat Energi. Foto: Dok. Daikin Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Perangkat pendingin udara (air conditioner - AC) makin menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia.

Berada di iklim tropis, apalagi area perkotaan, membuat kenikmatan udara sejuk dan nyaman dalam sebuah hunian menjadi dambaan.

Namun, untuk memilih AC supaya tetap hemat bukan perkara sepele. Dengan kecenderungan penggunaan dalam jangka waktu panjang, seperti pada waktu istirahat malam, AC jadi perangkat elektronik yang punya kontribusi tinggi pada tagihan listrik.

Alih-alih dapat udara sejuk dan nyaman, malah justru bingung dihadapkan dengan tingginya tagihan listrik bulanan.

Yuli Fransisco selaku National Sales Manager PT Daikin Airconditioning Indonesia menyebutkan ada lima hal yang patut diperhatikan sebelum memutuskan membeli atau mengganti AC.

1. Sesuaikan kapasitas AC dengan luas ruang penempatan

AC punya kapasitas pendinginan yang dikenal dengan sebutan PK atau paardenkracht.

Kapasitas pendinginan ini mesti disesuaikan dengan luas ruang penempatan. Terlalu kecil, bakal buat AC kerja ekstra untuk mendapatkan suhu yang diinginkan.

Sementara jika PK terlalu besar, selain ruangan terasa terlalu dingin, kapasitas pendinginan besar ini akan membuat tagihan listrik lebih tinggi.

Yuli Fransisco selaku National Sales Manager PT Daikin Airconditioning Indonesia menyebutkan ada lima hal yang patut diperhatikan sebelum memutuskan membeli ata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close