Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Catatan Bawaslu: Jumlah Pelaksanaan Kampanye Tatap Muka Meningkat

Jumat, 23 Oktober 2020 – 23:54 WIB
Catatan Bawaslu: Jumlah Pelaksanaan Kampanye Tatap Muka Meningkat - JPNN.COM
Kantor Bawaslu Pusat di Jalan Thamrin, Jakpus. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fritz Edward Siregar menyebut jumlah metode kampanye tatap muka terus meningkat dari waktu ke waktu selama pelaksanaan kampanye Pilkada 2020.

Dalam sepuluh hari pertama pelaksanaan kampanye terdapat 9.189 kampanye tatap muka. Jumlah itu meningkat 16.469 kampanye tatap muka pada sepuluh hari kedua masa kampanye.

Fritz mengungkapkan itu saat menjadi pembicara diskusi daring bertema "Antisipasi Kerawanan Kamtibmas dan Kesehatan dalam Pilkada serentak 2020" yang digelar Masyarakat Pers Pemantau Pemilu (Mappilu), Jumat (23/10).

"Kampanye metode pertemuan terbatas atau pertemuan tatap muka itu masih menjadi primadona dalam sebuah kegiatan," kata dia.

Bawaslu, kata Fritz, mendorong pelaksanaan kampanye bisa dilakukan secara daring. Sebab, rangkaian Pilkada 2020 berlangsung saat pandemi Covid-19.

"Kalau kami lihat memang kampanye daring yang kami ingin laksanakan oleh pasangan calon, ternyata merupakan kegiatan kampanye yang sedikit yang dilakukan," ujar dia.

Di sisi lain, Bawaslu juga mencatat tren pelanggaran protokol kesehatan (prokes) saat kampanye Pilkada 2020 tampak meningkat. Ha itu seperti tertuang dalam data Bawaslu pada sepuluh hari pertama menuju kedua kampanye Pilkada serentak 2020.

"Perlu kami sampaikan bahwa pelanggaran prokes memang bertambah," kata Fritz.

Fritz menilai kampanye metode pertemuan terbatas atau pertemuan tatap muka itu masih menjadi primadona

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close