Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Catatan Ketua MPR: Mencermati Dampak Eskalasi Ketegangan di Timur Tengah

Oleh: Bambang Soesatyo

Kamis, 25 April 2024 – 11:43 WIB
Catatan Ketua MPR: Mencermati Dampak Eskalasi Ketegangan di Timur Tengah - JPNN.COM
Ketua MPR Bambang Soesatyo. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Durasi dan skala dari konflik Iran-Israel tak sekadar mengeskalasi ketidakpastian, namun juga memengaruhi perubahan dinamika global di hari-hari mendatang.

Komunitas internasional secara tidak langsung dipaksa untuk mencermati dengan seksama arah konflik kedua negara itu.

Mau tak mau, Indonesia pun harus berusaha akurat mengidentifikasi ragam persoalan baru, termasuk memprediksi skenario terburuk dari eskalasi konflik di kawasan Timur Tengah itu.

Di dalam negeri, Indonesia sudah menambah bobot kepastian ketika Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (24/4) menetapkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih dari Pemilu 2024.

Penerus kepemimpinan nasional untuk periode 2024-2029 adalah pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dengan terwujudnya kepastian ini, Indonesia bisa lebih fokus dan cermat menyoroti dampak eskalasi ketegangan di kawasan Timur Tengah yang disulut oleh konflik Iran dan Isreal.

Sudah pasti Indonesia bersama komunitas internasional berharap dan terus berusaha mendorong baik Iran maupun Israel untuk menahan diri dengan tidak mengeskalasi konflik mereka menjadi perang terbuka menggunakan persenjataan yang dapat menyebabkan kematian massal.

Dalam konteks mencegah bencana kemanusiaan akibat konflik kedua negara itu, kontribusi Indonesia melalui pendekatan laku politik luar negeri bebas-aktif tentunya juga dibutuhkan.

Indonesia harus mengidentifikasi ragam persoalan baru, termasuk memprediksi skenario terburuk dari eskalasi konflik di kawasan Timur Tengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close