Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cegah COVID-19 di Pesantren, NU CARE dan Tokopedia Gelar Swab Test-PCR Gratis untuk Guru Ngaji

Minggu, 09 Agustus 2020 – 02:48 WIB
Cegah COVID-19 di Pesantren, NU CARE dan Tokopedia Gelar Swab Test-PCR Gratis untuk Guru Ngaji - JPNN.COM
NU CARE-LAZISNU bekerja sama dengan Tokopedia Salam menggelar SWAB TEST-PCR untuk guru ngaji di Ponpes Luhur Ats Tsaqafah, Sabtu (8/8/2020). Foto: Humas PBNU

jpnn.com, JAKARTA - Untuk mencegah penyebaran COVID-19 di kalangan pesantren, NU CARE-LAZISNU bekerja sama dengan Tokopedia Salam menggelar SWAB TEST-PCR untuk guru ngaji.

Kegiatan tersebut berlangsung di Ponpes Luhur Ats Tsaqafah, Sabtu (8/8/2020) ini diikuti oleh sekitar 100 guru ngaji dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang sangat ketat. Kegiatan ini pun akan dilanjutkan kepada para santri secara bertahap dalam dua minggu ke depan.

Menurut dr. Fariz Zen, kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode Pool Test COVID-19. Metode ini, selain efektif juga efisien untuk pemeriksaan PCR pada komunitas pesantren, dan yang terpenting bahwa metode ini juga didasarkan atas kajian epidemiologis.

"InsyaAllah, dalam waktu 1x24 jam sudah ada hasilnya. Jadi, metode test PCR dengan metode pool test itu sangat efektif untuk pemeriksaan yang berbasis komunitas, terutama pesantren," jelas dr. Fariz Zen, Tim Satgas NU Peduli COVID-19.

Sementara itu, Ketua NU CARE-LAZISNU, Achmad Sudrajat mengatakan program ini merupakan salah satu kegiatan NU CARE-LAZISNU yang fokus pada dunia pesantren. Menurutnya, pesantren harus mendapatkan perhatian khusus dalam pencegahan COVID-19, mengingat tradisi pesantren yang begitu kental dengan kebersamaan antar santri.

Sebelumnya, pada 5 Agustus lalu, bertempat di Masjid Jami' at- Taqwa Juraganan, Jakarta Selatan, CARE-LAZISNU dan Tokopedia Salam juga menggelar Rapid Test gratis yang diikuti oleh lebih dari 500 santri yang akan berangkat ke Jawa Timur.

Acara ini merupakan bagian dari acara menyambut Ulang Tahun Tokopedia ke-11 yang akan jatuh pada 17 Agustus 2020 mendatang.

Ketua Pelaksana Program, Slamet Tuharie, menjelaskan bahwa selain mengadakan Rapid Test Gratis untuk para santri pada 05 Agustus lalu, NU CARE-LAZISNU dan Tokopedia Salam juga telah membagikan APD ke 20 Rumah Sakit di Jawa Timur melalui NU CARE-LAZISNU Jawa Timur, juga melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa masjid di Jakarta, Bandung, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok.

Untuk mencegah penyebaran COVID-19 di kalangan pesantren, NU CARE-LAZISNU bekerja sama dengan Tokopedia Salam menggelar SWAB TEST-PCR untuk guru ngaji.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Jaga Hati

    Rabu, 24 April 2024 – 07:07 WIB
    Jaga Hati - JPNN.com
  • UMKM

    Integrasi TikTok Shop & Tokopedia Bakal Buat Pasar UMKM Makin Besar

    Selasa, 23 April 2024 – 03:22 WIB
    Integrasi TikTok Shop & Tokopedia Bakal Buat Pasar UMKM Makin Besar - JPNN.com
  • Bisnis

    2024, Sebegini Biaya Layanan Penjualan di e-commerce

    Selasa, 16 April 2024 – 20:54 WIB
    2024, Sebegini Biaya Layanan Penjualan di e-commerce - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Zeni

    Sabtu, 13 April 2024 – 08:46 WIB
    Zeni - JPNN.com
X Close