Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cegah Pemalsuan, Lestari Moerdijat Dorong Perlindungan HAKI Motif Batik Kudus

Sabtu, 10 Agustus 2024 – 22:27 WIB
Cegah Pemalsuan, Lestari Moerdijat Dorong Perlindungan HAKI Motif Batik Kudus - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan perlindungan hak kekayaan intelektual (HAKI) terhadap motif batik merupakan langkah penting. Foto: MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan perlindungan hak kekayaan intelektual (HAKI) terhadap motif batik merupakan langkah penting yang harus diupayakan bersama.

Hal itu dilakukan untuk mencegah pemalsuan dan penyalahgunaan yang dapat merugikan para perajin batik.

"Di Kudus banyak motif batik yang khas sehingga harus mendapat perlindungan dari ancaman pemalsuan yang bisa berdampak luas. Upaya mematenkan motif batik khas Kudus merupakan langkah penting untuk melestarikan Batik Kudus," kata Lestari Moerdijat saat membuka BISA Fest: Pesona Kreasi Batik Kudus, yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Komisi X DPR RI, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) c.q Direktorat Event Daerah di Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (10/8).

Hadir pada acara tersebut, Mei Edi Setyana (Analis Kebijakan Ahli Madya Direktorat Event Nasional dan Internasional, Kemenparekraf), M. Afflah, S.S (Kepala Sub Koordinator Destinasi Wisata, Kemenparekraf), Zahir Widadi (Dosen Filsafat Batik Universitas Pekalongan), dan para perajin batik di Kudus.

Menurut Lestari mendaftarkan HAKI motif batik khas Kudus selain bagian dari upaya melestarikan warisan budaya nenek moyang, juga berdampak meningkatkan nilai ekonomi pada Batik Kudus itu sendiri.

Upaya tersebut, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, dapat dilakukan dengan membangun kolaborasi antarpara pelaku industri batik dengan berbagai lembaga yang terkait.

"Dengan upaya tersebut diharapkan industri batik dapat bersaing dengan industri tekstil bermotif batik, yang saat ini membanjiri pasar batik," tutur Rerie.

Berbagai langkah kreatif, tambah Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, seperti kreasi motif batik yang lebih modern untuk menarik minat generasi muda, peningkatan kualitas produk, strategi pemasaran yang efektif dan pemanfaatan teknologi digital untuk promosi serta pemasaran, juga harus konsisten dilakukan.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan perlindungan hak kekayaan intelektual (HAKI) terhadap motif batik merupakan langkah penting.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA