Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cegah Perluasan Kanker Payudara

Rabu, 10 November 2010 – 06:26 WIB
Cegah Perluasan Kanker Payudara - JPNN.COM
JAKARTA - Skrining terhadap kanker payudara di Indonesia masih bersifat individual dan sporadik. Program deteksi dini juga masih belum efektif dan efisien. Bila tidak dilakukan kerjasama secara komprehensif, kanker dengan insiden tertinggi nomor dua di Indonesia setelah kanker leher rahim ini akan menjadi kasus terbesar pertama.

"Kanker payudara merupakan isu sangat penting bagi perempuan, karena terkait kesehatan reproduksi perempuan,’’ kata Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari dalam sambutan pada seminar dan talkshow bertema Pengenalan dan Deteksi Dini Kanker Payudara untuk Masyarakat Umum di Jakarta, Selasa (9/11).

Linda yang berhasil terbebas dari kanker payudara ini menjelaskan beberapa poin secara detail dan nyata bahwa kanker tersebut merupakan kanker solid yang mempunyai insiden tertinggi di dunia. Di Indonesia, berdasarkan data Global Burden of Cancer (Globacon), terdapat 26/100.000 perempuan. Data Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) tahun 2007 menunjukkan kejadian kanker payudara mencapai 21,69 persen, lebih tinggi dari kanker leher rahim yang angkanya 17 persen.

Survey yang dilakukan Yayasan Kesehatan Payudara yang didirikan Linda Amalia Sari juga memperlihatkan hal sama. Pada 2005 menunjukkan 80 persen masyarakat tidak mengerti pentingnya pemeriksaan dini payudara. Hanya 11,5 persen yang paham, sementara sisanya (8,5 persen) tidak tahu.

JAKARTA - Skrining terhadap kanker payudara di Indonesia masih bersifat individual dan sporadik. Program deteksi dini juga masih belum efektif dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close