Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cerita Adi Putra Masuk Daftar 74 Ikon Apresiasi Pancasila 2019

Senin, 19 Agustus 2019 – 22:29 WIB
Cerita Adi Putra Masuk Daftar 74 Ikon Apresiasi Pancasila 2019 - JPNN.COM
Adi Putra saat menerima penghargaan 74 Ikon Apresiasi Pancasila 2019. Foto: dok pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila menetapkan 74 Ikon Apresiasi Pancasila 2019. Tokoh yang masuk dalam daftar berasal dari beragam latar belakang,mulai dari sains dan inovasi, olahraga, seni budaya, bidang kreatif hingga social entrepreneur. 

Salah satu ikon dari bidang seni budaya yang terpilih adalah Adi Putra. Ia adalah sutradara dan seniman fotografi yang karya-karyanya banyak mendapat apresiasi positif di kancah internasional yang membawa harum nama Indonesia. Saat berusia 22 tahun, ia melenggang di karpet merah Cannes Film Festival 2012 lewat filmnya berjudul ‘Adam’ di kategori Short Corner. 

Ia juga pernah berkolaborasi dengan musisi Moby di video klip  'A Case For Shame’ serta menggelar pameran foto di Amerika Serikat hingga Jepang. Karya eksperimentalnya mengajak Anda masuk ke dalam dunia surealisme dengan permainan komposisi warna yang nostalgic. 

BACA JUGA: Foto Karya Adi Putra Harumkan Nama Indonesia di Jepang

Adi pun sempat tak menyangka terpilih menjadi ikon Pancasila. Pasalnya, karya-karyanya lebih banyak dipamerkan di luar negeri dan tidak banyak pemberitaan tentangnya di Indonesia. “Saya tidak mengira. Selama ini, saya mengira kalau kerjaan saya tidak di-notice oleh negara. Karena memang saya kerja sendiri, tidak menggembar-geborkan, nggak bilang-bilang. Jadi saat saya mendapat ini, ‘Wow, keren’. Rasanya bangga. Orang tua saya juga bangga,” ujar pemilik akun Instagram @adipvtra.

“Apalagi saat saya lihat list-nya, banyak orang-orang yang saya kagumi dan saya lihat waktu kecil seperti Cristine Hakim, Addie MS, dan lain-lain. Ikon-ikon yang saya tonton saat masih kecil,” tambahnya.

BACA JUGA: Keren, Sutradara Indonesia Garap Video Klip Band Asal Jepang

Meskipun banyak berkarya di luar negeri dan lebih banyak mendapat apresiasi dari luar negeri tetapi hal itu tidak menyurutkan kecintaan Adi terhadap Indonesia, tanah kelahirannya. “Saya lahir di sini. Bagaimana pun juga, Indonesia sudah bagian dari identitas saya. Saya tidak bisa, tidak cinta dengan identitas saya sendiri. Kalau saya tidak cinta dengan Indonesia, itu sama saja saya tidak cinta dengan identitas saya,” terang Adi.

Sutradara dan seniman fotografi, Adi Putra tak menyangka masuk dalam 74 Ikon Apresiasi Pancasila 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Hobi

    Adi Putra Berbagi Pengalaman Tentang Fotografi

    Kamis, 30 April 2020 – 19:54 WIB
    Adi Putra Berbagi Pengalaman Tentang Fotografi - JPNN.com
  • Film

    Film Ini Ingatkan Tentang Peran Agama dalam Mengatasi Banjir

    Selasa, 14 Januari 2020 – 16:15 WIB
    Film Ini Ingatkan Tentang Peran Agama dalam Mengatasi Banjir - JPNN.com
  • Musik

    Keren, Sutradara Indonesia Garap Video Klip Band Asal Jepang

    Selasa, 20 November 2018 – 11:14 WIB
    Keren, Sutradara Indonesia Garap Video Klip Band Asal Jepang - JPNN.com
X Close