Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cerita Cosmas Balalembang Mengadang Pelaku Bom Bunuh Diri, Jarak 2 Meter, Blaaar!

Selasa, 30 Maret 2021 – 07:30 WIB
Cerita Cosmas Balalembang Mengadang Pelaku Bom Bunuh Diri, Jarak 2 Meter, Blaaar! - JPNN.COM
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat menjenguk Cosmas Balalembang, Senin (29-3-2021). Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkot Makassar

jpnn.com, MAKASSAR - Cosmas Balalembang punya nyali luar biasa sehingga berhasil menggagalkan aksi pelaku peledakan bom bunuh diri, yang berupaya masuk ke dalam Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3) pagi.

Cosmas Balalembang merupakan pekerja harian lepas yang kesehariannya bekerja sebagai juru parkir di gereja yang berlokasi di Jalan Kajaolalido Makassar itu.

Keberhasilannya mengadang pelaku bom bunuh diri di pintu masuk gereja, telah menyelamatkan ratusan anggota jemaat yang masih berada di dalam gedung dan sejumlah jemaah lainnya di sekitar luar tempat ibadah itu.

Alhasil, tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut, kecuali hanya menewaskan pelaku bom bunuh diri yang disebut pihak kepolisian pasangan suami istri.

Akibat peristiwa ini 19 orang mengalami luka-luka. Namun berangsur pulih.

Sesuai dengan tugasnya yang mengatur akses keluar masuk kendaraan di Gereja Katedral, secara spontan melarang kendaraan roda dua yang ditumpangi pelaku untuk masuk ke Gereja.

Alasannya simpel, yakni ibadah telah selesai dan sejumlah anggota jemaat hendak keluar gereja.

"Waktu itu beberapa umat mau keluar, pagar mulai terbuka. Ada yang keluar dan ada yang masuk, jadi saya tahan, tiba-tiba meledak, langsung saya bilang 'Tuhan, tolong saya'," ungkap Cosmas saat mengurai kejadian nahas tersebut kepada sejumlah pejabat nasional hingga daerah yang datang menjenguknya di RS Bhayangkara Makassar, Senin (19/3).

Inilah kisah heroik Cosmas Balalembang yang berani mengadang pelaku bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close