Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cerita di Balik Kemiripan Motif Batik Indonesia dan Suku Aborigin Australia

Selasa, 06 Oktober 2020 – 05:16 WIB
Cerita di Balik Kemiripan Motif Batik Indonesia dan Suku Aborigin Australia - JPNN.COM
Agus Ismoyo (keempat dari kanan) sempat berkolaborasi dan mengajarkan cara membatik kepada suku Aborigin di kawasan Australia Utara. (Supplied: Agus Ismoyo)

Perjalanan membatik Agus Ismoyo, seniman kelahiran Yogyakarta, menjadi semakin berwarna ketika berkolaborasi dengan suku Aborigin-Australia kurang lebih 30 tahun yang lalu.

Agus bersama istrinya yang bernama Nia pertama kali bertatap muka dengan suku Aborigin di Melville Island dan Daly River, dua daerah di Australia Utara di tahun 1989.

Menurutnya, mereka adalah "orang kedua" yang memperkenalkan batik setelah sebelumnya diperkenalkan pada tahun 1977.

Ketika itu, mereka mengajarkan cara membatik pada suku Aborigin yang banyak menggunakan titik dan garis dalam ekspresi seni mereka.

Cerita di Balik Kemiripan Motif Batik Indonesia dan Suku Aborigin Australia Photo: Untuk mendalami cara membatik suku Aborigin, Agus ikut berburu dan bergabung dalam upacara adat suku tersebut. (Supplied: Agus Ismoyo)

 

"Jadi pada dasarnya, di sana bukan punya tradisi batik. Itu dari kami. Dan cara membatiknya pun walaupun dapat dari kami, mereka tetap punya 'style' [gaya] tersendiri," kata Agus.

Berbeda dengan pembatik Indonesia yang menggunakan canting, mereka lebih suka menggunakan kuas dan tidak terbiasa menggunakan gawangan.

"Mereka lebih senang kain itu diletakkan di kaki sebelah kiri dan kanan kainnya, lalu kakinya dilonggarkan, [sehingga] kainnya menjadi kaku dan menggunakan kuas."

Perjalanan membatik Agus Ismoyo, seniman kelahiran Yogyakarta, menjadi semakin berwarna ketika berkolaborasi dengan suku Aborigin-Australia kurang lebih 30 tahun yang lalu

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close