Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Chandra Asri Kembangkan Pengelolaan Sampah Plastik Lewat IPST ASARI

Selasa, 02 November 2021 – 23:42 WIB
Chandra Asri Kembangkan Pengelolaan Sampah Plastik Lewat IPST ASARI - JPNN.COM
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) mengembangkan pengelolaan sampah terintegrasi melalui Industri Pengelolaan Sampah Terpadu-Atasi Sampah, Kelola Mandiri (IPST ASARI) di Cilegon. Foto dok Chandra Asri

jpnn.com, CILEGON - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) mengembangkan pengelolaan sampah terintegrasi dengan mendorong penguatan kapasitas masyarakat, melalui Industri Pengelolaan Sampah Terpadu-Atasi Sampah, Kelola Mandiri (IPST ASARI) di Cilegon.

Inisiatif ini merupakan upaya Chandra Asri untuk membantu pemerintah mengurangi penumpukan sampah di TPA dan sampah terbuang ke lautan hingga 70 persen pada 2025, melalui pendekatan ekonomi sirkular. 

IPST ASARI secara resmi diluncukan oleh Walikota Cilegon Helldy Agustian, bersama-sama dengan pemangku kepentingan terkait.  Operasional IPST ASARI ini bisa membantu mengatasi timbunan sampah dengan mengumpulkan sampah plastik dari lingkungan sekitar seperti rumah tangga,  industri besar serta industri kecil dan menengah, dan dari nelayan.

Sampah tersebut dikelola di IPST ASARI untuk kemudian dijual ke industri daur ulang dan diolah menjadi sumber daya yang lain yaitu BBM Plas.

Pengelolaan IPST ASARI dilakukan oleh masyarakat sekitar yang menjadi operator dan tergabung dalam KSM Sehati Maju Bersama.

Mereka diberikan pelatihan khusus untuk mengoperasikan pengelolaan sampah plastik di IPST ASARI.

Dengan penguatan kapasitas masyarakat, diharapkan manfaat dari pengelolaan sampah ini dapat dirasakan secara berkelanjutan.

“Pengolahan sampah menjadi bagian dari konsentrasi kami karena selama ini sampah-sampah di Kota Cilegon sudah menumpuk di lahan pembuangan sebesar 5 hektar. Kami berharap dengan inovasi IPST ASARI yang mampu mengolah sampah plastik menjadi manol atau bahan bakar seperti bensin, minyak tanah, ataupun solar ini, permasalahan sampah di Kota Cilegon bisa segera teratasi. Selain itu, konsep ekonomi sirkular mampu mengurangi jumlah pengangguran serta meningkatkan perekonomian warga," ujar Helldy.

Inisiatif ini merupakan upaya Chandra Asri untuk membantu pemerintah mengurangi penumpukan sampah di TPA dan sampah terbuang ke lautan hingga 70 persen pada 2025.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close