Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Charles Honoris DPR Menilai Program Kesehatan Ganjar-Mahfud Sangat Realistis

Jumat, 05 Januari 2024 – 07:15 WIB
Charles Honoris DPR Menilai Program Kesehatan Ganjar-Mahfud Sangat Realistis - JPNN.COM
Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris menyambut baik program kesehatan yang digagas oleh pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris menyambut baik program kesehatan yang digagas oleh pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Menurut Charles, program 1 Desa 1 Puskesmas 1 Nakes bisa membantu masyarakat, karena kesehatan memiliki peran krusial.

Oleh karena itu, Charles menegaskan tanpa adanya kesehatan, manfaat dari pendidikan gratis, makan gratis, dan bantuan sosial lainnya menjadi kurang bermakna.

"Apalah artinya pendidikan gratis, makan gratis, bansos gratis, kalau warga negara negara sebagai penerimanya tidak sehat, akibat ketimpangan pelayanan kesehatan yang terjadi di Indonesia saat ini," kata Charles dalam keterangannya, Jumat (5/1).

Legislator PDIP itu menjelaskan Indonesia jumlah penduduk 270 juta jiwa. Karena, merujuk dari rekomendasi WHO, seharusnya di Indonesia memiliki sekitar 270 ribu dokter umum, dengan rasio satu dokter umum untuk setiap 1.000 penduduk.

"Kemenkes mencatat per Juni 2023, jumlah dokter umum di Indonesia sebanyak 159.977 atau masih kurang 118 ribuan dokter umum jika mengacu standar WHO," ujarnya.

Direktur Representatif di Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud itu mengungkapkan ketimpangan layanan kesehatan tidak hanya disebabkan oleh kekurangan dokter, tetapi minimnya puskesmas.

Charles mengatakan data Kemenkes mencatat jumlah puskesmas di seluruh Indonesia hanya mencapai 10.435 unit.

Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris menyambut baik program kesehatan yang digagas oleh pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close