Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Chef Kondang Berbagi Tips Menyimpan Makanan di Wadah Plastik, Tahan Lama

Rabu, 04 Oktober 2023 – 19:07 WIB
Chef Kondang Berbagi Tips Menyimpan Makanan di Wadah Plastik, Tahan Lama - JPNN.COM
Melalui Cooking Class dan Plastic Packaging Talkshow ini, Chandra Asri ingin meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai manfaat plastik sebagai kemasan sehingga dapat menunjang kehidupan sehari-hari dan menciptakan keluarga yang sehat. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wadah memiliki peran untuk melindungi bahan makanan dari kontaminasi, termasuk menjamin keamanan bahan makanan, memelihara kualitas, dan meningkatkan masa simpan.

Oleh karena itu wadah harus dirancang khusus untuk melindungi pangan dari pengaruh lingkungan seperti cahaya, oksigen, kelembapan, mikroorganisme, serangga, debu, emisi gas, tekanan, dan lain lain.

Chef kondang, Norman Ismail, mengatakan wadah plastik tertutup seperti kotak Thinwall dan kotak plastik kini makin banyak digunakan untuk menyimpan makanan karena durabilitasnya serta keamanannya sehingga makanan menjadi tetap sehat dan segar.

"Selain segar dan tahan lama, isi kulkas juga terlihat lebih rapi dan tidak menimbulkan bau tidak sedap," kata Chef Norman dalam sesi edukasi bertajuk Cooking Class & Plastic Packaging Talkshow besutan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) di Jakarta, Rabu (4/10).

Dia membagikan tips mengoptimalkan penggunaan wadah plastik. Untuk daging mentah atau ikan harus disimpan kotak plastik yang kedap udara pada bagian freezer. 

Simpanlah telur di bagian kulkas yang mempunyai suhu stabil seperti rak atas atau tengah. Tidak disarankan untuk menyimpan telur pada pintu kulkas karena sering dibuka tutup sepanjang hari yang justru dapat menyebabkannya cepat busuk. 

Sementara, sayuran dan buah, sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, maka cuci dan tiriskan air, lalu, simpan di dalam kotak plastik agar kualitas nutrisi dalam buah dan sayur tetap terjaga serta aman untuk dikonsumsi. 

Pada kesempatan sama, Dosen dan Peneliti Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan dan SEAFAST Center IPB, Prof. Dr. Nugraha Edhi mengatakan sebagai wadah makanan dan minuman, kualitas dan keamanan bahan plastik yang digunakan tentunya juga sangat penting untuk diperhatikan. 

Chef Kondang Norman Ismail berbagi tips menyimpan makanan di wadah plastik, tahan lama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close