Alexa Analytics

Ciliwung Meluap Lagi, Ini Wilayah Jakarta yang Terancam Banjir

Kamis, 20 Februari 2020 – 14:37 WIB
Ciliwung Meluap Lagi, Ini Wilayah Jakarta yang Terancam Banjir - JPNN.COM
Suasana Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/1). Volume air di Bendung Katulampa saat itu surut dengan ketinggian 60 cm. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hujan deras di wilayah Bogor membuat ketinggian muka air Sungai Ciliwung meningkat, Kamis (20/2). Sejumlah wilayah di Jakarta pun terancam banjir.

Kepala Seksi Pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan, Junjung mengatakan kondisi terkini di pinggir Kali Ciliwung RT 8 RW 1 Kelurahan Pengadegan setinggi 815 sentimeter (cm) dengan kondisi cuaca gerimis.

"Air Kali Ciliwung mulai naik hampir rata dengan 'sheet pile', satgas standby di lokasi," kata Junjung.

Menurut Junjung, kenaikan muka air Kali Ciliwung telah termonitor sejak pukul 07.00 WIB. Kenaikan ini seiring dengan meningkatnya status muka air di Bendung Katulampa, Kota Bogor yakni siaga tiga banjir.

"Air sudah sampai turap sekarang," kata Junjung.

Kenaikan muka air di pintu air Bendung Katulampa, Kota Bogor diinformasikan pukul 08.00 WIB dengan ketinggian dari 40 cm menjadi 90 cm atau siaga tiga banjir.

Informasi ini ditindaklanjuti oleh aparat di wilayah untuk bersiaga mengantisipasi air kiriman dari Puncak Bogor. Selain itu, kawasan Jakarta juga sempat diguyur hujan sejak Kamis pagi.

Kasudin SDA Jakarta Selatan Mustajab mengatakan pihaknya telah mengimbau masyarakat yang tinggal di bantaran Ciliwung untuk mewaspadai luapan Kali Ciliwung.

loading...