Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cina Tuduh AS Lakukan 'Dumping'

Senin, 14 September 2009 – 05:20 WIB
Cina Tuduh AS Lakukan 'Dumping' - JPNN.COM
PRODUK - Sejumlah produk ban asal Cina yang dikenai kebijakan tarif impor baru oleh pemerintah AS - kebijakan yang kontan ditentang oleh Kementerian Perdagangan salah satu 'macan ekspor' Asia tersebut. Foto: CCTV.com.
BEIJING - Pemerintah Cina baru saja mengumumkan bahwa mereka siap membuktikan tuduhan telah terjadinya praktek dumping (praktek penjualan dengan harga lebih murah dari biaya produksi, Red) untuk produk ekspor otomotif dan ayam milik AS. Sebagaimana diberitakan situs Bloomberg, Senin (14/9) pagi, pernyataan itu ibarat aksi balasan, karena disampaikan oleh Cina tepat dua hari setelah Presiden AS Barack Obama memberlakukan tarif terhadap impor produk ban kendaraan dari negara-negara Asia.

Kalangan industri di Cina sendiri memang belakangan mengeluh akan adanya kecenderungan yang mereka sebut sebagai "praktek dagang tidak fair" (dari AS). Hal itu antara lain diungkapkan oleh Kementerian Perdagangan Cina melalui situsnya, Minggu (13/9). Dijelaskan pula di sana, bahwa Kementerian Perdagangan kini tengah mengusahakan subsidi terhadap produk-produk tersebut, kendati tak menyebutkan berapa nilai impornya saat ini.

Sementara itu, pekan lalu, pihak European Central Bank (ECB) telah menyatakan bahwa proteksi yang berlebihan (oleh beberapa negara) bisa mengancam situasi perdagangan dunia, begitu juga dengan proses pemulihan resesi ekonomi global. "Pemulihan ekonomi global yang berjalan lambat dan pengangguran yang terus meningkat, mendorong sejumlah pemerintahan untuk memberlakukan kebijakan dagang yang ketat, yang pada akhirnya malah bisa berdampak lebih parah terhadap pembatasan-pembatasan dan ketegangan hubungan dagang," ungkap ECB lewat buletin bulanan mereka.

AS sendiri dilaporkan menerapkan tarif impor mulai dari 35 persen terhadap impor ban yang bernilai 1,8 miliar dolar AS dari Cina. Kebijakan ini diambil menyusul keluhan serikat pekerja United Steel terhadap mitra dagang terbesar kedua AS itu (Cina). Sebaliknya, Kementerian Perdagangan Cina, Sabtu (12/9), langsung merespon dan menunjukkan penentangannya terhadap keputusan AS tersebut, serta mengancam akan melaporkannya kepada pihak World Trade Organization (WTO).

BEIJING - Pemerintah Cina baru saja mengumumkan bahwa mereka siap membuktikan tuduhan telah terjadinya praktek dumping (praktek penjualan dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close