Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cue Cafe dan Gallery Kaleb, Usaha Kekinian Komunitas Difabel Bitung yang Baru Diresmikan Pertamina

Rabu, 21 Desember 2022 – 11:56 WIB
Cue Cafe dan Gallery Kaleb, Usaha Kekinian Komunitas Difabel Bitung yang Baru Diresmikan Pertamina - JPNN.COM
Suasana di Cue Cafe dan Gallery Kaleb, cafe berbahasa isyarat yang ramah difabel pertama di Bitung, Sulawesi Utara yang baru diresmikan Pertamina pada Senin (19/12). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, BITUNG - Seorang barista di Cue Café dan Gallery Kaleb bernama Elton dengan cekatan membuatkan minuman yang dipesan pengunjung.

Tidak menunggu lama, kopi gula aren kekinian yang dipesan menggunakan bahasa isyarat pun telah tersaji di meja.

Cue Cafe dan gallery ini dikelola Komunitas Tuli Peduli Bitung (Kaleb) yang didukung Pertamina melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan memberikan pelatihan keterampilan mengolah makanan dan meracik kopi sehingga dapat menyajikan makanan dan minuman lezat ala cafe.

Selain cafe, terdapat pula gallery yang menjual produk kreatif, seperti kaos, goodie bag, dan gantungan kunci serta dompet dari batok kelapa hasil dari tangan-tangan kreatif komunitas difabel Kaleb.

Pendiri komunitas difabel Kaleb Donna Charista mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Pertamina yang selama ini telah memberikan tidak hanya berupa materi, namun juga nonmateri.

Menurut Donna, para anggota komunitas difabel Kaleb senang sekali diberi wadah untuk berkarya dan menjadi mandiri.

"Mereka merasa bahwa mereka juga mampu seperti orang lain yang tidak memiliki keterbatasan, mereka bisa bekerja dengan gigih dan memperjuangkan hidup mereka," kata Donnas Charista.

Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Erwin Dwiyanto menyampaikan jika program ini akan terus dipertahankan dan dikembangkan dapat mengurangi atau bahkan berpeluang untuk menghilangkan perspektif negatif atau sikap diskriminasi terhadap teman-teman difabel.

Cue Cafe dan Gallery Kaleb, cafe berbahasa isyarat yang ramah difabel pertama di Bitung, Sulawesi Utara yang baru diresmikan Pertamina pada Senin (19/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close