Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Daerah Kering Meluas, BMKG Peringatkan Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan

Jumat, 23 April 2021 – 15:18 WIB
Daerah Kering Meluas, BMKG Peringatkan Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan - JPNN.COM
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan daerah yang kering meluas usai pancaroba, waspada karhutla. Foto: ANTARA FOTO/Rony Muharrman/foc

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan daerah yang kering meluas usai pancaroba.

Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG Agie Wandala Putra meminta pemerintah daerah disejumlah wilayah rawan mengalami kebakaran hutan dan lahan untuk waspada.

"Memasuki periode akhir April dan awal Mei harus diantisipasi kecenderungannya area yang kering akan lebih meluas dan merata," ujar Agie di Jakarta, Jumat (23/4).

Dia memerinci sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah akan cenderung kering pada awal Mei 2021.

"Pemerintah daerah mesti mewaspadai kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan," beber dia.

Sementara itu, di wilayah yang biasa menghadapi kebakaran hutan dan lahan semasa kemarau seperti Provinsi Riau dan Jambi, harus meningkat kewaspadaan pada Juni hingga Juli 2021.

"Karena musim kemarau tahun ini dimulainya bertahap," kata Agie.

Menurut BMKG, daerah yang pada Jumat terpantau tergolong merah atau mudah mengalami kebakaran meliputi sebagian Sumatera Selatan, Lampung, sebagian Jawa Tengah dan Jawa Timur, selatan Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan, serta Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan daerah yang kering meluas usai pancaroba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close