Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Daerah Sekitar Wilayah IKN Diyakini Bakal Ikut Berkembang

Jumat, 21 Juni 2024 – 20:34 WIB
Daerah Sekitar Wilayah IKN Diyakini Bakal Ikut Berkembang - JPNN.COM
Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto dok SIG

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah memprediksi daerah-daerah di Kalimantan diyakini akan tumbuh dan berkembang jika Ibu Kota Nusantara sudah selesai dibangun.

Investor akan datang untuk membangun berbagai fasilitas di daerah sekitar IKN.

"Kalau IKN jadi, daerah di sana akan berkembang. Orang akan investasi di sana. Saya berharap daerah sekitar IKN akan tumbuh dan berkembang paska IKN jadi," ujarnya.

Menurutnya, pemerintah tidak bisa berharap banyak investor akan masuk sebelum proyek pembangunan IKN jadi.

Piter mengatakan investor akan masuk ke IKN dan daerah sekitarnya jika pembangunan infrastruktur dasar sudah selesai dan masyarakat yang beraktivitas di sana makin ramai.

"Kalau bangun kota, siapa (investor) yang mau bangun jalan, bendungan, itu kan barang publik yang menjadi kewajiban pemerintah untuk membangun. Kalau itu jadi, baru orang akan investasi," ujar Piter.

Piter mengatakan investor asing bukan penentu jadi atau tidak proyek IKN. Faktor penting untuk keberlangsungan pembangunan IKN adalah konsistensi pemerintah.

"Pembangunan tidak harus langsung Rp400 triliun diguyurkan di sana semua. Bangun kota kan pasti bertahap. Sekarang dibangun dulu kantor, jalan, rumah menteri, nanti bertahap kehidupan kota mulai tumbuh, setelah itu orang akan investasi," katanya.

Investor akan masuk ke IKN dan daerah sekitarnya jika pembangunan infrastruktur dasar sudah selesai dan masyarakat yang beraktivitas di sana makin ramai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close