Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dahsyatnya Tsunami di Tonga, Tinggal 2 Rumah Tersisa

Selasa, 18 Januari 2022 – 21:25 WIB
Dahsyatnya Tsunami di Tonga, Tinggal 2 Rumah Tersisa - JPNN.COM
Citra satelit memperlihatkan keadaan rumah-rumah dan gedung di Nuku'alofa, Tonga, pada 29 Desember 2021 sebelum gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai meletus pada Sabtu (15/1/2022). Foto: ANTARA/Satellite Image @2022 Maxar Technologies/Handout via REUTERS/tm

jpnn.com, SYDNEY - Pemerintah Tonga memastikan ada tiga orang yang meninggal setelah erupsi gunung serta tsunami terjadi pada Sabtu (15/1).

Otoritas juga mengatakan evakuasi sejumlah warga di pulau terpencil sudah dimulai, termasuk sebuah desa di Pulau Mango.

Kepastian soal jumlah korban jiwa itu dinyatakan pemerintah dalam keterangan resmi pertama yang dikeluarkannya sejak Sabtu.

Lewat pernyataan, kantor perdana menteri mengonfirmasi kematian perempuan berusia 65 tahun di Pulau Mango dan pria berusia 49 tahun di Pulau Nomuka, serta satu warga negara Inggris.

Sejumlah orang juga dilaporkan mengalami cedera.

Angkatan Laut Tonga telah dikerahkan bersama tim kesehatan, makanan, air minum, dan juga tenda ke kepulauan terpencil Ha'pai.

Bantuan lainnya dikirim pada Selasa lantaran kerusakan parah yang dipantau di Pulau Mango, Fonoifua dan Namuka, kata sumber di AL Tonga.

Menurut otoritas seluruh rumah di Pulau Mango luluh lantak. Di Pulau Fonoifua hanya tersisa dua rumah yang masih berdiri, sementara itu Pulau Namuka mengalami rusak parah.

Tsunami yang menghantam Tonga menghancurkan hampir semua bangunan di negara kepulauan kecil itu

Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close