Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dampingi Presiden Bertemu OEDC, Airlangga Tegaskan Komitmen Indonesia dalam Proses Aksesi

Selasa, 28 Mei 2024 – 17:09 WIB
Dampingi Presiden Bertemu OEDC, Airlangga Tegaskan Komitmen Indonesia dalam Proses Aksesi - JPNN.COM
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah mendorong transformasi ekonomi menuju tercapainya Visi Indonesia Emas 2045, lewat upaya penguatan kerja sama internasional. Foto: dok Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah mendorong transformasi ekonomi menuju tercapainya Visi Indonesia Emas 2045, lewat upaya penguatan kerja sama internasional.

Salah satunya dilakukan melalui penyampaian intensi untuk bergabung dalam keanggotaan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Seusai memutuskan untuk membuka diskusi aksesi dengan Indonesia pada 20 Februari 2024 dan menyerahkan Peta Jalan Aksesi Indonesia pada Pertemuan Tingkat Menteri OECD bulan Mei 2024 lalu, Sekretaris Jenderal OECD Mathias Cormann melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara Bogor, Selasa (28/5). 

Pada kesempatan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Pelaksana Tim Nasional Persiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia dalam OECD (Tim Nasional OECD) turut mendampingi Presiden Joko Widodo.

Airlangga menjelaskan pertemuan kedua antara Presiden Joko Widodo dan Sekjen Cormann terkait dengan Proses Aksesi Indonesia, yang pertama pada Agustus 2023. 

"Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk memberikan informasi terkini mengenai proses aksesi dan langkah-langkah yang perlu diambil oleh Pemerintah Indonesia,” ungkap Menko Airlangga dalam sesi konferensi pers.

Menurut Airlangga, dalam pertemuan tersebut disampaikan bahwa Indonesia terus berkomitmen menjadi anggota OECD dalam waktu tiga tahun mendatang. 

"Selanjutnya, Pemerintah akan membentuk Project Management Office (PMO) untuk mendukung Tim Nasional, serta akan terus mendorong aksesi OECD agar terintegrasi dengan RPJPN dan RPJMN," jelas Airlangga.

Pemerintah mendorong transformasi ekonomi menuju tercapainya Visi Indonesia Emas 2045, lewat upaya penguatan kerja sama internasional, salah satunya OEDC

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close