Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dana Kurang, Perlu Gandeng Swasta dalam Pembangunan

Selasa, 31 Januari 2017 – 17:27 WIB
Dana Kurang, Perlu Gandeng Swasta dalam Pembangunan - JPNN.COM
APBN. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Pakar perkotaan dari Universitas Trisakti, Yayat Supriatna, mengatakan, pemerintah daerah perlu menggandeng swasta untuk mempercepat pembangunan.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta tak akan cukup untuk membiayai seluruh kebutuhan kota seperti berbagai proyek strategis, termasuk infrastruktur.

"Keterlibatan swasta dalam berbagai program pemerintah bisa dilakukan melalui berbagai cara. Misalnya dilibatkan dalam program CSR," ujar Yayat di Jakarta, Selasa (31/1).

Melalui Corporate Social Responsibility(CSR), pihak swasta bisa dilibatkan dalam pembinaan pedagang kecil yang bekerja sama dengan program pemberdayaan dari perusahaan.

Contoh terbaru, kata Yayat, adalah pembangunan fasilitas publik di Kalijodo dan jembatan di Semanggi.

"Yang terpenting semua pemanfaatan terintegrasi dalam rencana kerja pemerintah dan transparan sehingga terpercaya," ucap Yayat.

Program CSR, seharusnya menjadi bagian strategi pengembangan jaringan ekonomi dan sistem produksi.

Berdasarkan data Pemerintah Jakarta, 64 persen anggaran DKI Jakarta 2017 sudah terbagi untuk keperluan di luar belanja modal.

Pakar perkotaan dari Universitas Trisakti, Yayat Supriatna, mengatakan, pemerintah daerah perlu menggandeng swasta untuk mempercepat pembangunan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   APBD 
BERITA LAINNYA
X Close