Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dapat Persetujuan DPR, Barantan Kementan Bakal Perkuat Sarana Perkarantinaan

Senin, 14 September 2020 – 21:46 WIB
Dapat Persetujuan DPR, Barantan Kementan Bakal Perkuat Sarana Perkarantinaan - JPNN.COM
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpol (SYL). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengikuti rapat kerja bersama Komisi IV DPR, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/9).

Dalam rapat itu, DPR menyetujui penambahan anggaran pada 2021 untuk melengkapi sarana perkarantinaan guna memperkuat tugas dan fungsi Badan Karantina Pertanian.

Dengan anggaran sebesar Rp 1,1 triliun atau meningkat 22 persen dibanding 2020 yang sebesar Rp 906,5 miliar, nantinya akan digunakan untuk pembelian sarana perkarantinaan.

Masing-masing ialah alat pembakaran sampah dengan suhu tinggi, alat pemindai media pembawa dengan gelombang elektromagnetik atau x-ray, dan pengembangan teknologi biosensor.

“Pintu keluar dan masuk komoditas pertanian harus dapat berfungsi lebih maksimal. Sehingga seluruh produk pertanian yang dilalulintaskan dalam kondisi sehat dan aman dengan pengawasan ketat,” ujar Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Sementara itu, Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil yang mendampingi Mentan SYL menyampaikan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan kepada pihaknya.

Saat ini dengan perkembangan perdagangan dan perkarantinaan di dunia, diperlukan dukungan penuh untuk perlindungan sumber daya alam hayati tanah air.

“Ke depan dengan perlengkapan incinerator yang memadai tindakan pemusnahan hewan dan tumbuhan yang berbahaya dapat dilakukan dengan lebih baik,” kata dia.

DPR telah menyetujui penambahan anggaran di Kementerian Pertanian (Kementan), yang akan digunakan untuk memperkuat sarana perkarantinaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close