Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dari Perumahan Rakyat ke Kursi Perdana Menteri Australia, Inilah Sosok Anthony Albanese

Senin, 23 Mei 2022 – 23:36 WIB
Dari Perumahan Rakyat ke Kursi Perdana Menteri Australia, Inilah Sosok Anthony Albanese - JPNN.COM
Anthony Albanese telah memimpin Partai Buruh sejak 2019. (ABC News: Ian Cutmore)

Gubernur Jenderal Australia baru saja melantik Anthony Albanese sebagai Perdana Menteri yang ke-31, Senin pagi (23/05). Tapi siapakah Anthony Albanese?

Sebagai putra dari ibu tunggal yang dibesarkan di kompleks perumahan rakyat yang dibangun pemerintah, Anthony Albanese sudah lama bercita-cita menduduki kursi Perdana Menteri.

Dari hasil pemilu federal hari Sabtu (21/05), ia menggantikan Scott Morrison dari Partai Liberal yang telah menjadi Perdana Menteri sejak Agustus 2018.

Perjalanan politiknya bermula ketika ia tiba di Canberra ketika John Howard, Perdana Menteri Australia ke-25 berkuasa di tahun 1996.

Anthony mendalami bidang ekonomi di universitas namun kelihatannya sudah ditakdirkan untuk berkarier di politik.

"Saya lahir sebagai pendukung tiga hal: Partai Buruh, Gereja Katolik dan (tim ragby) South Sydney Rabbitohs," ujar Anthony.

Dikenal dengan nama panggilan "Albo", ketua Partai Buruh tersebut menjalani sebagian besar karier politiknya di garda terdepan partai, meski kebanyakan sebagai oposisi.

Dalam 26 tahun karier politiknya, Anthony hanya muncul enam kali dalam Pemerintahan Australia, di mana ia menangani urusan infrastruktur.

Putra dari seorang ibu tunggal, dan dibesarkan di perumahan rakyat, Anthony Albanese sudah lama bercita-cita menjadi Perdana Menteri Australia

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close